Sesaat Lagi, Gerhana Matahari Total Menyambangi AS

1
38
views

Tidak lama lagi, tepatnya tanggal 21 agustus 2017, fenomena alam besar akan berlangsung di negara Amerika Serikat. Gerhana matahari total, akan melewati sebagian besar wilayah AS sejak terakhir kali terjadi di tahun 1918. Setidaknya ada 12 negara bagian yang akan dilewati fenomena alam ini.

Dilansir dari laman resmi NASA, proses gerhana matahari ini akan pertama kali terlihat di dekat Lincoln City, Oregon Amerika Serikat pukul 09.04 waktu setempat atau selasa pukul 00.04 WIT (Oregon 15 jam lebih lambat dari Makassar, Indonesia).  Selama kurang lebih satu jam 40 menit, gerhana matahari ini akan berlangsung di sejumlah wilayah di AS dengan puncak gerhana berlangsung sekitar dua menit.  Charleston, Carolina selatan adalah wilayah terakhir yang akan dilewati fenomena ini sebelum akhirnya hilang dari pandangan.

Jalur yang akan dilewati Gerhana matahari total

Gerhana matahari, terjadi saat posisi bulan berada tepat diantara bumi dan Matahari sehingga di wilayah-wilayah tertentu di bumi, bulan terlihat seperti menutupi matahari. Matahari sebenarnya berukuran 400 kali lebih besar dari bulan tapi jarak matahari dari bumi pun sekitar 400 kali lebih jauh dari bumi ke bulan. Sehingga, dari perspektif penduduk bumi matahari dan bulan memiliki ukuran yang sama. Hal inilah yang memungkin peristiwa unikini terjadi.

Sejak akhir tahun 2016, para ilmuwan di Amerika Serikat sudah bersiap-siap untuk menyambut fenomen unik ini. Bahkan pada tanggal 21 bulan Juni lalu perwakilan NASA telah mengundang media untuk berkumpul di Newmuseum, Washington mengadakan brefing mengenai  hal-hal yang terkait fenomena ini. Tidak hanya media, publik umum pun dapat bertanya langsung melalui media sosial terkait dengan hal ini selama kegiatan tersebut berlangsung. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat ada sekitar tujuh juta orang warga AS yang diperkirakan akan menyaksikan fenomena ini secara langsung.

Di Indonesia sendiri fenomena gerhana matahari total baru saja terjadi maret tahun lalu. Ada delapan kota yang beruntung mengalami fenomena ini. Salah satunya adalah kota palu yang kedatangan banyak turis mancanegara khusus untuk menyaksikan fenomena ini.

Hal menarik disampaikan oleh Lika Guhatharkurta, astrofisikawan yang bekerja di Markas pusat NASA washington. “Gerhana matahari mengajarkan kami banyak hal, tapi gerhana tahun 2017 ini sangat unik karena akan melewati  wilayah yang luas tanpa terganggu. Hal ini membantu kami memaksimalkan kesempatan mengumpulkan data dan memejalari hubungan bayangan bulan dan bumi secara saintifik.” Terangnya dilansir dari laman https://www.nasa.gov/feature/goddard/2016/preparing-for-the-august-2017-total-solar-eclipse

Berikut ini tiga fakta unik dari Gerhana matahari total yang akan terjadi beberapa jam lagi di AS:

  1. Gerhana matahari total ini adalah kali pertama sejak februari 1979 atau berjarak 38 tahun setelah waktu itu.
  2. Puncak Gerhana total ini bisa dinikmati langsung oleh penduduk diseluruh wilayah yang dilewatinya dengan cukup mudah.
  3. Terakhir kali gerhana matahari total melewati pantai barat sampai timur AS adalah tahun 1918 atau 99 tahun lalu.

Lalu bagaimana dengan warga negara lain yang ingin menyaksikan fenomena alam ini. Tenang saja peristiwa unik ini bisa disaksikan melalui laman resmi NASA di https://eclipse2017.nasa.gov/eclipse-live-stream. khusus untuk Indonesia sendiri akan disambangi lagi Gerhana Matahari  di tahun 2023. (Nrh)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here