Buka PIMNAS ke-30 di UMI, Kemenristekdikti Sebut Sulsel Istimewa

0
22
views

Apakabarkampus.com – Pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) ke-30 digelar di pelataran Auditorium Al-Jibra Universitas Muslim Indonesia (UMI), Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Rabu (23/8/2017) malam.

Pimnas secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Intan Ahmad dengan melakukan pemukulan gendang didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Rektor UMI Masrurah Mokhtar.

Turut hadir dalam pembukaan PIMNAS, Pangdam XIV Hasanuddin Agus Surya Bakti, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal, Sekretaris Kota Makassar Ibrahim Saleh, Akademisi Mansyur Ramly.

Ketua Panitia Pimnas 2017, Ahmad Ghani menjelaskan kegiatan ini menjadi wadah mahasiswa untuk berkarya dan berprestasi.

“Sebanyak 420 karya dari 420 tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bertarung memperebutkan medali yang telah disiapkan. Mereka yang berlomba merupakan tim yang diusung oleh 89 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Lanjut dia, selain presentasi, mereka juga akan memamerkan karya-karyanya dalam bentuk poster di sepanjang koridor UMI.

“Sebelum menentukan karya mahasiswa yang lain ikut PIMNAS, dilakukan seleksi tahap pertama. Sebanyak 63.200 proposal judul yang masuk untuk diseleksi dan berhasil lolos ke tahap berikutnya 3200 proposal. Proposal-proposal itu kemudian diseleksi lagi hingga akhirnya terpilih 420 yang ikut dalam ajang PIMNAS kali ini,” tambah Ahmad Ghani.

Rektor UMI Masrurah Mokthar mengungkapkan rasa syukur dan bangga karena UMI terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan PIMNAS.

“Kami bersyukur karena terpilih menjadi tuan rumah. Mahasiswa mampu membangun nasionalisme melalui kreativitas, dan PIMNAS ini merupakan wadah mereka untuk berkreativitas menggali potensi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Intan Ahmad mengatakan, dipilihnya kota ini sebagai tuan rumah karena Makassar, Sulawesi Selatan merupakan daerah istimewa dan luar biasa.

Dia menjelaskan, selain PIMNAS juga telah dilaksanakan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 10 Agustus lalu dan kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) 14-21 Oktober mendatang.

“Sulsel daerah luar biasa untuk kegiatan nasional ini karena dukungan gubernurnya, dukungan Bapak Syahrul Yasin Limpo,” sebutnya.

Ada tujuh kategori lomba yang diperebutkan yakni, PKM Teknologi, PKM Penelitian Eksakta, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Karsa Cipta, PKM Penelitian Sosial Humaniora, PKM Kewirausahaan, dan PKM Gagasan Tertulis.

Kegiatan ini berlangsung dari 23-28 Agustus 2017 diikuti 1.838 mahasiswa seluruh Indonesia belum termasuk dosen pembimbing, dan official (*)

Penulis : Widodo Wijaya

Editor : Irma Muhsen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here