Deklarasi Anti Plagiasi Warnai Penutupan PIMNAS Ke-30

0
41
views

Makassar, apakabarkampus.com – Deklarasi sumpah anti plagiasi warnai penutupan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 yang digelar di pelataran auditorium Al-Jibra kampus UMI pada (Rabu 27/08/2017).

Acara yang digelar sejak 23 Agustus ini dihadiri 420 tim dari 89 kampus yang ada di Indonesia. Dalam acara penutupan PIMNAS ke-30 ini turut menghadirkan gubernur Sulawesi Selatan, Pemerintah kota Makassar, Bupati Gowa dan pihak MENRISTEK DIKTI yang sekaligus menutup acara dengan resmi.

Suasana penutupan PIMNAS Ke-30

Prof. Dr. Masrurah Mokhtar MA selaku rektor Universitas Muslim Indonesia mengatakan dalam sambutannya “Kami sangat berbangga diri karena telah menjadi bagian dari PIMNAS ke-30 dan sekaligus menjadi tuan rumah. Banyak prestasi serta kreativitas yang muncul dan patut diberikan apresiasi yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia adalah generasi cerdas dan akan muncul ribuan ilmuwan baru yang siap menghadapi tantangan zaman”.

Sementara Abdul Waris selaku panitia pelaksana menuturkan “PIMNAS kali ini cukup berbeda dari PIMNAS sebelumnya, sebab banyak hal-hal baru yang lahir. Kalau PIMNAS tahun lalu lebih banyak memunculkan ide-ide pengembangan sementara PIMNAS kali ini lebih banyak melahirkan kreativitas baru seperti penemuan listrik dengan konsep perputaran arus, rokok sehat, tas 7 fungsi dan berbagai penemuan lainnya”.

Mahasiswa Teknik Elektro 2014 UMI itu menambahkan “Hal yang paling mengesankan di PIMNAS kali ini adalah munculnya ide untuk membuat naskah deklarasi anti plagiasi oleh seluruh tim yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Deklarasi sumpah plagiasi ini ditujukan untuk melindungi segenap karya yang lahir dari kreativitas anak bangsa demi meningkatkan mutu dan kualitas generasi Indonesia”.

Kegiatan ini ditutup dengan menabuh gendang dari peserta PIMNAS ke-30 2017 dan dimeriahkan oleh ledakan kembang api.

Penulis: Widyawan Setiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here