BUDAYA WARUNG KOPI

0
46
views

Apakabarkampus.com – Apakah yang dicari orang ketika kali pertama mengunjungi warung kopi? Secangkir kopi dengan aroma yang menggoda? Kelana rasa khas dalam setiap tegukan kopi? Atmosfir yang nyaman untuk sekadar saling bertukar cerita? Atau nuansa kedai kedai kopi yang unik?

Indonesia memiliki Aceh sebagai salah satu provinsi yang kental dengan budaya minum kopinya. Hampir seluruh aktivitas masyarakat Aceh dilakukan di warung kopi. Tidak heran, mengingat salah satu kopi terbaik Indonesia berasal dari Aceh. Sebenarnya, kebiasaan “ngopi” ini tidak hanya terjadi di Aceh, tetapi hampir seluruh provinsi di Indonesia juga mempunyai ritual meminum kopi. Sebab itu, saat ini kedai kopi menjadi salah satu ladang bisnis yang cukup menjanjikan.

Di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, warung kopi menjadi salah satu alternatif tongkrongan yang tidak hanya digemari anak muda saja. Hampir seluruh lapisan masyarakat kini mulai melirik warug kopi sebagai sebuah ruang temu yang menyenangkan. Jika dulunya rumah menjadi tempat singgah untuk meminum kopi, saat ini warung kopi menjadi ruang tamu bagi siapa saja yang hendak mampir.

Mulanya, “ngopi” hanya ritual sederharhana yang kerap dilakukan ketika waktu senggang. Bekalangan, “ngopi” menjadi sebuah gaya hidup baru dalam masyarakat. Bagi seorang pencandu kopi, menikmati secangkir kopi mungkin bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Namun, bagi kalangan tertentu, menikmati kopi bukan hanya perihal sensasi pahit dan manis tetapi juga muatan aktifitas lain di dalamnya. Jadi, selain ngopi, ada aktifitas lain yang dapat dilakukan. Biasanya, mahasiswa menjadikan warung kopi tidak hanya sebagai tempat tongkrongan lepas, tetapi juga sebagai ruang diskusi non-formal.

Desain serta tema-tema unik yang diusung oleh pemilik warung kopi rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Semakin unik temanya, maka semakin banyak pula yang akan berkunjung. Bukan hanya itu, menu serta harga juga menjadi salah satu aspek yang ikut memengaruhi kejayaan sebuah warung kopi. Menemukan warung kopi dengan berbagai ornamen yang unik bukan hal yang sulit di Makassar. Hampir di setiap ruas jalan, ada-ada saja kedai kopi dengan tampilan berbeda. Tinggal memilih, kedai kopi mana yang sesuai dengan suasana hati, lidah, dan kantong.

Ratu Balqis Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here