Keluarkan surat edaran, Dekan FE UNM dinilai kekang Lembaga Kemahasiswaan

0
85
views
surat edaran dekan FE UNM

apakabarkampus.com_Makassar- Dekan Fakultas Ekonomi UNM mengeluarkan surat edaran Nomor 6041/UN36.22/TU/2017 tentang pelarangan kegiatan lembaga kemahasiswaan yang melibatkan mahasiswa baru sampai pada jenjang semester III (Senin, 28/08/2017).

Surat edaran ini muncul berdasarkan hasil pertemuan Pembantu Rektor III UNM dengan pembantu Dekan se-UNM yang menyatakan “Mahasiswa baru tidak diperbolehkan terlibat dalam setiap kegiatan di dalam kampus selain dari kegiatan akademik mulai dari semester I sampai pada semester III. Selain itu, surat edaran ini juga memberikan himbauan kepada setiap ketua program studi agar tidak memberikan izin kepada lembaga kemahasiswaan tingkat Prodi untuk melibatkan mahasiswa baru terlibat dalam kegiatan lembaga kemahasiswaan termasuk latihan dasar kepemimpinan (LDK) dan dalam bentuk kegiatan lainnya.

Andi Dirga selaku staff menteri komunikasi dan propaganda BEM FE UNM mengungkapkan “Surat edaran ini merupakan bentuk pembatasan pihak birokrasi kepada lembaga kemahasiswaan untuk mempererat tali silaturrahmi kepada mahasiswa baru dan akan menjadi sekat dalam proses menyalurkan pengetahuan dunia kampus di luar bangku perkuliahan. Selain itu peranan lembaga kemahasiswaan juga tidak lagi maksimal dalam mengawal mahasiswa baru”.

Sukri Kahir mantan ketua majelis permusyawaratan mahasiswa (MAPERWA) FE UNM menuturkan “Munculnya surat ini tentunya memberikan batasan kepada mahasiswa baru untuk mengikuti proses kaderisasi yang rutin dilakukan setiap lembaga kemahasiswaan yang ada di UNM. Surat ini juga melanggar statuta UNM yang memperbolehkan mahasiswa baru untuk terlibat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga kemahasiswaan. Surat ini juga muncul tanpa ada alasan yang jelas dan memungkinkan untuk diikuti oleh beberapa fakultas lain yang ada di UNM” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here