Mie Instan

0
51
views

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Hampir seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Meruke mengenalnya. Persis seperti jingle lagu salah satu merek makanan ini. Ya Mie instan. Mie instan merupakan salah satu makanan terfavorit masyarakat Indonesia. Bisa dipastikan hampir setiap orang telah mencicipi mie instan atau mempunyai persediaan mie instan di rumahnya. Tua muda, laki-laki perempuan dari pegawai kantoran sampai pedagang, nelayan menyukai mie instan. Tapi apakah anda tahu kapan dan siapakah yang menemukan mie instan pertama kalinya?.

Mie instan diinvensi oleh seorang inventor keturunan Jepan-Taiwan, Momofuku Ando (nama lahir : Go Pek Hok) di Jepang. Mie instan ini pertama kali dipasarkan tanggal 25 Agustus 1958 oleh perusahaan milik Ando, Nissin dengan merek Chikin Ramen. Ando mengembangkan metode produksi proses penggorengan cepat setelah mie dibuat, dan menciptakan istilah ‘Mie Instan’. Metode ini membuat mie menjadi kering dan lebih tahan lama bahkan melebihi mie yang dibekukan. Setiap bungkus mie sudah dibumbui dan dijual seharga 35 Yen. Awalnya dikarenakan harga dan kebaruannya, Chikin Ramen dianggap barang mewah, karena toko bahan makanan Jepang biasanya menjual mie segar dengan harga seperenam dari harga mie instan tersebut. Meskipun demikian mie instan akhirnya makin populer terutama setelah dipromosikan oleh Mitsubishi Corporation.

Tahun 1971, Nissin memperkenalkan  Nissin Cup Noodles, mie instan dalam kemasan mangkok styrofoam yang cukup dengan dituangkan air mendidih untuk memasak mie-nya. Inovasi lebih lanjut menambahkan sayuran kering ke dalam kemasan sehingga menjadi sajian sup cepat saji yang komplit.

Menurut jejak pendapat di Jepang tahun 2000, orang Jepang percaya bahwa invensi terbaik mereka di abad 20 adalah  ‘Mie Instan’. Pada tahun 2010 sekitar 95 milar porsi mie instan dimakan di seluruh dunia setiap tahunnya. Cina mengkonsumsi 42 milar paket mie instan pertahun atau 44 persen dari konsumsi dunia. Indonesia mengkonsumsi 14 milar,  Jepang 5,3 milyar, Vietnam 4,8 milyar, dan Amerika Serikat sebanyak 4 milar. Dalam hitungan perkapita Korea Selatan mengkonsumsi jumlah terbesar dari mie instan yaitu 69 perkapita pertahun.

Mie instan di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh PT. Lima Satu Sankyu (selanjutnya berganti nama menjadi PT. Supermi Indonesia) dan PT. Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia Ltd. yang berdiri pada tahun 1968. Pada tahun yang sama diluncurkan merek mie instan pertama di indonesia  yaitu Supermie. Empat tahun kemudian pada tahun 1972 diluncurkanlah merek  mie instan kedua di indonesia Indomie.

Bagaimana dengan anda? Apakah pengguna gagasan atau pencipta gagasan meskipun hanya dalam semangkuk mie instan?

Sumber :

https://www.dgip.go.id

https://en.wikipedia.org/wiki/instant_noodle

https://id.wikipedia.org/wiki/Mi_instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here