Hari Inventor

0
67
views

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimaksud inventor adalah orang yang mencipta atau merancang sesuatu (yang sebelumnya tidak ada) atau pereka cipta. Mereka memiliki kontribusi yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa. Untuk mengenang dann menghargai jasa para inventor  ditetapkanlah Hari Inventor.

Hari Inventor adalah satu hari dalam setahun yang ditetapkan oleh suatu negara untuk mengakui kontribusi para inventor. Masing-masing negara mempunyai hari inventor sendiri. Berikut  adalah peringatan hari inventor di beberapa negara di dunia.

  1. Argentina

Hari Inventor  (dalam bahasa Spanyol disebut dial del inventor) di Argentina telah diperiangati sejak tahun 1986 dan diselenggarakan setiap tahunnya pada tanggal 29 September yang merupakan hari ulang tahun seorang inventor pulpen (ballpoint) bernama Laszlo Jozsef Biro

  1. Austria, Jerman dan Swiss

Hari Inventor (dalam bahasa Jerman disebut Tag der Erfinder) di negara-negara berbahasa Jerman seperti Jerman, Austria, dan Swiss diperingati setiap tanggal 9 Nopember yang merupakan hari ulang tahun seorang inventor kelahiran Austria yang juga seorang aktris Hollywood, Hedy Lamarr yang memiliki invensi berupa frequency hopped spread spectrum tahun 1942. Hari tersebut pertama kali dicetuskan oleh seorang pengusaha dan inventor dari Berlin bernama Gerhard Muthenthaler.

  1. Hungaria

Hari Inventor di Hungaria (Magyar Feltalalok Napja) diperingati setiap tanggal 13 Juni dalam rangka mengenang Albert Szent-Gyorgyi yang mendaftarkan paten nasionalnya tentang Vitamin C Sintesis tahun 1941. Hari tersebut diperingati oleh Assosiasi Inventor Hungaria (MAFE) sejak tahun 2009.

  1. Thailand

Setiap tahunnya Thailand memperingati tanggal 2 Februari sebagai hari Inventor. Kabinet Thailand menetapkan tanggal ini untuk memperingati ulang tahun pemberian paten Slow Speed Surface Aerator milik yang mulia raja Bhumibol Adulyade pada tanggal 2 Februari 1993.

  1. Inggris

Sebelum tahun 2014, Inggris belum mengakui secara resmi hari inventor sampai ketika British Telecommunication mengajak masyarakat untuk memperingati hari inventor yang pertama kali pada tanggal 2 Desember 2014. Tanggal 2 Desember tersebut adalah hari dirilisnya sebuah study oleh British Telecomunication tentang daya invensi warga Inggris

  1. Amerika Serikat

Dalam rangka menghargai banyaknya kontribusi yang disumbangkan para inventor, kongres Amerika Serikat berdasarkan Senate Joint Resolution 140 (Public Law 97-198) telah menetapkan tanggal 11 Februari hari ulang tahun inventor Thomas Alfa Edison yang memiliki lebih dari 1000 paten sebagai hari Inventor Nasional.

  1. Indonesia

Di Indonesia sendiri ada hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan Hakteknas berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa negara kita telah berhasil menumbuhkan inovasi dan jiwa mengembangkan IPTEK nasional.

Hal ini membuktikan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat dan kesadaran bangsa Indonesia terhadap pengembangan iptek dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan

Sumber :

https://www.dgip.go.id

https://en.wikipedia.org/wiki/inventors%27_Day

https://id.wikipedia.org/wikiN-250

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here