“Centor Score”, Sistem Skoring Sebagai Pedoman Pemberian Antibiotic Pada Penyakit Amandel

0
1538
views

Apakabarkampsu.com-Tonsilitis (infeksi pada amandel) akut adalah manifestasi klnis terbanyak infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dimana istilah ini dipakai untuk menunjukkan adanya peradangan pada faring. Infeksi  amandel akut terjadi pada semua umur, sering terjadi pada anak usia 5-15 tahun Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Pengobatan untuk tonsilitis (infeksi  amandel) disesuaikan dengan penyebab infeksi. Jika penyebabnya virus, maka tidak ada indikasi untuk memberikan antibiotik karena infeksi oleh virus merupakan penyakit self-limiting disease  yaitu penyakit yang dapat sembuh sendiri meskipun tanpa diobati.  Pengobatan antibiotik dapat diberikan jika penyebab infeksi adalah bakteri. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi durasi dari gejala klinis dan  mencegah timbulnya komplikasi seperti demam rematik akut. Lalu bagaimna cara membedakan infeksi  amandel yang disebabkan oleh virus atau bakteri?

 

Secara umum  gejala klinis dugaan infeksi  amandel akibat virus berupa demam tidak terlalu tinggi, batuk, malaise/fatigue (sakit-sakit badan) dengan sakit kepala, konjungtivitis (mata memerah), pilek, dengan onset gejala timbul cepat. Untuk memudahkan, kita dapat menggunakan skor sentor untuk membedakan penyebab dan waktu untuk memulai penggunaan antibiotik.

        No. Variabel Keterangan skor
1 Umur 3-14 tahun +1
15-44 tahun 0
≥45 tahun -1
2 Pembengkakan tonsil (amandel) Tidak 0
Ya +1
3 Nyeri tekan di kelenjar getahbening pada leher Tidak 0
Ya +1
4 Demam (>380 C) Tidak 0
Ya +1
5 Batuk Tidak +1
Ya 0

 

Hitunglah skor sentor dengan menyesuaikan sesuai dengan gejala yang dirasakan. Indikasi pemberian antibiotik jika skor yang didapat adalah 4-5. Jika skor yang didapat adalah 2-3 maka harus diberikan pemeriksaan lanjut untuk memberikan antibiotik. Pemeriksaan yang dimaksud adalah pemeriksaan usap tenggorok untuk menentukan apakah ada bakteri penyebab infeksi. Namun jika skor ≤1 maka tidak ada indikasi pemberian antibiotik

Untuk menerapkan centor skor diatas, anda perlu menyiapkan termometer di rumah untuk mengukur suhu. Penyediaan termometer dirumah merupakan suatu kebutuhan, karena demam merupakan gejala yang paling sering dikeluhkan.

Jika tidak ada indikasi untuk pemberian antibiotik maka cukup dengan mengobati gejala, seperti pemerian paracetamol untuk mengurangi demam dan keluhan sakti-sakit badan. Minum yang banyak juga sangat dianjurkan karena pada saat demam tubuh kita kehilangan banyak cairan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here