Mahasiswa UNM Ajak Masyarakat Pulau Jampea Olah Ikan Jadi Bakso

0
35
views

Makassar, apakabarkampus.com -Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) mengajak masyarakat Pulau Jampea mengolah ikan menjadi bakso melalui pelatihan masak. Kegiatan yang dihadiri puluhan ibu-ibu ini digelar hari Jumat (22/9) di rumah warga Pulau Jampea, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Salah satu anggota tim ENJ UNM, Muh Sadzan mengatakan sebagian besar mata pencaharian warga Pulau Jampea adalah sebagai nelayan. Namun, selain dijual langsung, hasil tangkapan ikan di Pulau Jampea hanya diolah menjadi ikan kering.

“Kurangnya pengetahuan warga dalam mengolah ikan membuat kami berinisiatif mengajarkan warga untuk mengelola ikan menjadi bakso ikan, ” jelas mahasiswa angkatan 2015 di UNM ini.

Sadzan juga menjelaskan pelatihan pembuatan bakso ikan ini mendapat respon baik dari warga. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang berpartisipasi, khususnya ibu-ibu Pulau Jampea.

“Saat pelatihan, kami mendapat informasi bahwa Ibu-ibu disini belum pernah membuat bakso dari ikan. Makanya, warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kordinator ENJ UNM, Suherman menjelaskan kegiatan yang diikuti 25 mahasiswa UNM ini telah berlangsung sejak 11 hingga 22 September.

“Berbagai program kerja telah terlaksana, mulai dari kuliah umum Kemaritiman, sekolah anak bahari, penyuluhan PHBS, senam sehat dan pembuatan taman baca Jampea,” jelas laki-laki asal Wajo ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here