Persiapan CPNS, MAKES Buat Pelatihan Tes CAT Gratis

0
45
views

Apakabarkampus.com – Pendaftaran CPNS periode ke-2 tinggal sehari lagi, besok 25 Sepetember sesuai yang diumumkan BKN perdaftaran tersebut akan resmi ditutup.

Sekenaan dengan hal tersebut, maka para pendaftar berlomba-lomba mempersiapkan diri agar dapat lolos pada tes CPNS nanti sembari menunggu pengumuman seleksi berkas.

Salah satunya adalah persiapan menghadapi Tes CAT (Computer Assisted Test). Tes ini sangat umum dikenal dalam tes CPNS, dimana para pendaftar harus lulus tidak kurang dari passing grade yang ditentukan.

Olehnya, Organisasi MAKES (Al-Markas for Khudi Enlightening Studies) menggelar pelatihan/kursus Tes CAT secara gratis yang digelar di Lantai 3 Masjid Al-Marlas, Makassar, Minggu (24/9/2017).

Untuk tentor, MAKES menghadirkan pengajar khusus yang sudah berpengalaman yaitu Putri Rahayu, salah satu staf BPKP Makassar yang juga adalah alumni STAN Jakarta.

Pelatihan ini digelar sekali seminggu mulai dari jam 9 pagi hingga selesai dan telah dimulai sejak 10 September lalu. Sedangkan peserta pelatihannya sendiri sementara masih dibuka hanya untuk lingkup member dari MAKES.

Namun, hal itu bukan berarti jika ada yang berminat untuk mendapatkan berbagai pelatihan, orang luar tidak akan memiliki kesempatan yang sama. Karena, beberapa kegiatan yang diselenggarakan MAKES juga ada yang terbuka untuk umum.

Ketua Organisasi MAKES, Nasrul yang saat ini menjabat untuk periode 2017/2018 itu mengatakan, pelatihan ini bisa diikuti oleh siapa saja, namun ada syaratnya.

“Kalau mau ikut pelatihan ini, bisa. Sisa jadi anggota MAKES saja. Karena pelatihan seperti ini kan pasti peminatnya banyak, jadi tidak memungkinkan kalau kami undang orang luar sedangkan yang di dalam juga banyak anggota yang mau. Apalagi ini gratis,” tutur nasrul.

Ia juga menambahkan bahwa pelatihan di MAKES tak hanya soal Tes CAT saja, namun masih banyak lagi pelatihan yang lain yang sering digelar dan semuanya itu umumnya adalah pelatihan yang dibutuhkan saat ini.

“Kami sering mengadakan banyak pelatihan, tidah hanya tes CAT, kebetulan kan memang musimnya pendaftaran CPNS jadi kami gelar yang itu. Pelatihan yang lain itu seperti belajar bahasa Inggris dan semua yang berkenaan dengan bahasa Inggris intinya,” tegasnya.

Terpisah, Farid, salah satu anggota MAKES yang ikut terlibat dalam pelatihan tes CAT itu mengungkapkan rasa syukurnya atas diadakannya pelatihan tersebut.

“Sangat membantu pokoknya, karena kita kan tau kalau belajar tes CAT itu penting, nah kalau mau ikut kursus lagi artinya kita harus bayar, sedangkan di sini meskipun bukan lembaga kursus tapi kita dapat juga pelatihan atau semacam kursus dan itu gratis,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia membeberkan bahwa dirinya juga sebelum dapat mengikuti pelatihan itu harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh panitia. Hal itu katanya untuk melihat komitmen keseriusan dalam mengikuti pelatihan.

“Buktinya kita kalau mau ikut pelatihan ini minimal harus kirim paper bahasa Inggris 1 sehingga kita tetap terlatih dapat menulis essai bahasa Inggris,” tandasnya.

Sekedar diketahui, MAKES adalah salah satu organisasi di Makassar yang bergerak di bidang kajian dimana melalui kajian tersebut para anggotanya diharapkan dapat tercerahkan. Sementara bahasa Inggris adalah sebagai bahasa yang mewarnai setiap kajiannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here