Nyeri Kepala atau Nyeri Wajah

1
148
views

Apakabarkampu.com-Wajah merupakan bagian dari kepala. Pada saat kita mengalami nyeri dikepala, kita cenderung mengganggap semua nyeri yang terjadi dibagian kepala sebagai nyeri kepala, namun sebenarnya dalam dunia medis juga dikenal adanya nyeri wajah atau nyeri fasial, walaupun kedua nyeri ini dapat saling tumpang tindih. Nyeri wajah adalah nyeri yang terjadi di bagian wajah khususnya didaerah bagian bawah dan tengah dahi, daerah kantus (bagian tengah kedua bola mata, bagian yang dekat dengan hidung) dan daerah pipi. Nyeri ini dirasakan ditempat-tempat terdapatnya sinus.

Sinus adalah rongga-rongga yang terdapat pada wajah. Sinus terdapat didaerah dahi, dibelakang mata, dan di daerah pipi. Fungsi sinus ini belum dapat dipastikan oleh para ahli, tetapi yang dapat dibuktikan sampai saat ini fungsi sinus adalah sebagai pengatur kondisi udara, sebagai penahan suhu, membantu keseimbangan kepala, dan membantu resonansi suara. Nyeri wajah dapat dirasakan secara langsung, dapat pula diprovokasi dengan melakukan penekanan ditempat-tempat terdapatnya sinus, dimana pada orang normal tidak akan timbul sensai nyeri ketika dilakukan penekanan.

 

(Letak sinus di wajah)

Kepentingan untuk membedakan antara nyeri kepala atau nyei wajah adalah memberikan informasi penting pada dokter untuk menegakkan diagnosis dengan benar, yakni apakah nyeri yang dirasakan akibat peradangan pada sinus( sinusitis) atau penyakit-penyakit yang mengenai saraf dikepala. Jika penyebabnya telah diketahui, maka pengobatan yang diberikan akan tepat sesuai indikasi. Karena terdapat satu jenis obat yang biasa diresepkan untuk penderita sinusitis namun tidak diberikan untuk nyeri kepala biasa.

1 KOMENTAR

  1. I see you don’t monetize your page, don’t waste your traffic, you can earn extra bucks every month because you’ve got hi quality
    content. If you want to know how to make extra $$$, search
    for: Boorfe’s tips best adsense alternative

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here