Martin Cooper : Inventor Telepon Genggam

0
1145
views

Apakabarkampus.com-Telepon genggam (handphone) kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Bahkan banyak orang di Indonesia yang memiliki lebih dari satu telepon genggam. Apalagi di era teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini telah lahir telepon genggam yang disebut telepon pintar atau smartphone.

Tetapi tahukah anda siapakah sebenarnya inventor telepon genggam pertama kali?. Bagaimana proses penemuan awal sampai generasi smartphone sekarang?

Orang yang pertama kali menemukan telepon genggam adalah  Martin Cooper. Nama lengkapnya Martin Marty Cooper. Dilahirkan pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, USA. Orang tua Marty merupakan imigran asal Ukraina.

Karirnya berawal dari seorang karyawan Motorola pada tanggal 3  April 1973.  Sosok yang kemudian dikenal luas sebagai ‘Bapak Telepon Seluler’. Dalam dunia penemuan, memang tokoh ini tidak bekerja sendiri. Di dunia teknologi informasi dan komunikasi saat itu, disebut bahwa penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat cooper bekerja) dengan model pertama adalah Dyna TAC.

Tapi kemudian orang baru menyadari bahwa Cooperlah yang mempunyai ide awalnya. Sebelumnya, Cooper memang mempunyai mimpi menciptakan sebuah alat komunikasi kecil yang mudah dibawa bepergian secara fleksibel. Sebuah mimpi yang kemudian benar-benar bisa diwujudkan.

Sebuah tantangan besar dihadapi Cooper bersama timnya untuk bisa memecahkan persoalan bagaimana caranya memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Beragam uji coba dilakukan sampai pada akhirnya ide itu menjadi kenyataan.

Hasil akhirnya adalah sebuah telepon genggam pertama berhasil  dibuat dengan total bobot dua kilogram. Biaya produksi yang dikeluarkan Motorola untuk investasi setara dengan US$ 1 juta.

Uniknya ide tentang telepon genggam itu didapatkan dari menonton televisi.  Cooper mendapatkan  ide tentang produk yang akan dibuatnya setelah menonton televisi Star Trek. Salah satu tokoh dalam serial itu yaitu Kapten Kirk menggunakan suatu alat komunikasi yang bisa digenggam dengan tangan. Butuh waktu 90 hari bagi Cooper pada 1972 untuk dapat menciptakan  prototype pertama dari ide tersebut.

Melihat fakta demikian, membuktikan bahwa terkadang sebuah produk atau capaian teknologi tertentu ditemukan karena imajinasi seseorang sebelumnya. Kebetulan imajinasi seseorang itu didapatkannya setelah menonton film.

 

Sumber :

https://www.dgip.go.id

https://www.gadgetgaul.com/biografi-martin-cooper-bapak-penemu-telepon-genggam

https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here