Seminar Nasional Pekan Sastra II: Katrin Bandel Angkat Isu Agama Dan Seksualitas

0
246
views

apakabarkampus.com-Makassar HMPS Sasindo FBS UNM menggelar seminar kesusastraan nasional di Ballroom Pinisi Lt. 2, Sabtu (28/10) pukul 09.30 Wita dengan mengundang kritikus ternama Indonesia, Katrin Bandel.

Kegiatan yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini mengusung tema “Sastra Sebagai Ruang, Sudut Toleransi, dan Sisi Kemanusiaan”. Dalam seminar ini, Katrin Bandel membahas dua trend fiksi Indonesia diantaranya seksualitas dan agama.

Bagi Katrin, karya yang membahas seksualitas di Indonesia dimulai oleh buku Ayu Utami yang berjudul Saman.

“Karya tersebut mengangkat tema pembebasan seksual yang secara impilist menyampaikan bahwa gaya hidup bebas ala barat itu lebih maju dan membahagiakan daripada hidup berdasarkan norma agama,” katanya.

Namun Katrin merasa emansipasi yang dikaitkan dengan pembebasan seksual dalam karya ayu utami menyimpang.

“Seakan-akan jika ingin jadi feminis harus mendobrak segala moralitas. Orang-orang yang tidak mengikuti trend dalam novel ayu seakan-akan dianggap kolot (belum teremansipasi),” tambah kritikus yang hobi melukis ini.

Trend agama, menurut Katrin mulai muncul pasca Reformasi. Karya yang memulai era ini diantaranya novel ayat-ayat cinta.

“Fiksi Islami (Ayat-Ayat Cinta) itu secara tidak langsung sebagai politik identitas. Ekpresi keislaman dalam bentuk busana. Plot yang ditampilkan dalam karya cenderung hitam putih. Fiksi hanya difungsikan sebagai dakwah,” tambahnya.

Kegiatan ini berakhir pukul 12.10 Wita dengan pemberian plakat ke Katrin Bandel oleh panitia pelaksana.

Pemberian ucapan terimakasih kepada pemateri

Penulis: Muhammad Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here