RPMI Gelar Acara Malam Refleksi Sumpah Pemuda

0
109
views

apakabarkampus.com-Makassar Hari sumpah pemuda merupakan momentum kebangkitan pemuda Indonesia yang di ilhami dengan terlahirnya sebuah sumpah yang saat ini dikenal sebagai sumpah pemuda.

Sumpah pemuda terlahir dari sebuah perjuangan besar, perjuangan yang membutuhkan pengorbanan, pengorbanan yang memberikan perubahan, perubahan yang menjadikan pemuda Indonesia hingga saat ini bisa bersatu, semua dikarenakan ikrar yg telah dilantungkan oleh para kumpulan pemuda pada masa itu.

Malam refleksi hari sumpah pemuda yang di adakan oleh Rumah pemimpin muda Indonesia(RPMI) yang berlangsung pada tgl 30/10/2017 di Halaman depan sekretariat RPMI yg berlokasi di perumahan danau alam pendidikan blok D/12, Macanda II, Kab. Gowa ini, merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati momentum hari sumpah pemuda.

menghadirkan 2 pembicara, diantaranya:
1. Arqam Azikin (Analis politik dan kebangsaan)
meteri: NOBAR Sejarah Sumpah Pemuda I
“Sejarah gerakan pemuda Indonesia”
2. Nur Al Marwah Nurul (initiator the floating school) Young south east asia leaders initiative(YSEALI) Washington DC, America
materi: Youth Impact II “Yang muda, yang berkontribusi”

Flayer Kegiatan

Materi yang dibawakan oleh Arqam Azikin mengenai sejarah sumpah pemuda yang membicarakan mengenai besarnya perjuangan pemuda-pemuda pada saat itu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yg diawali oleh pembahasan mengenai pergerakan pemuda boedi utomo, muhammadiyah dan NU.

Para Pemateri

Selain itu, Arqam Azikin juga menjelaskan mengenai peran pemuda masa kini dalam menghadapi besarnya rintangan dan tantangan yg akan dihadapi kemudian hari, maka dari itu pemuda harusnya sudah mulai berani untuk melakukan sebuah gerakan nyata(praktek) dan tdk lagi berkecimpung di rana teori.

Sedangkan, nur al marwah asrul yg biasa disapa k’nunu membawakan materi mengenai gerakan” pemuda masa kini dalam menghadapi problematika dan tantangan hidup bangsa Indonesia kedepan.
Selain itu nunu’ juga menceritakan banyak pengalaman yang begitu menginspirasi mengenai gerakan” pemuda/kerelawanan yang telah dia ikuti, diantaranya Sahabat Indonesia berbagi(Sigi mksr), 1000 guru sulsel, bloger anging mammiri, floating school dll.

Kak Nunu saat memberikan penjelasan kepada peserta

Floating school merupakan program yang dijalankan oleh k’ nunu pada saat ini.
Floating school atau biasa disebut sekolah perahu yang merupakan sebuah gerakan pencerdasan bangsa khususnya anak” pulau di kepulauan pangkep, yang berbasis pada pembelajaran pembentukan skill anak” pulau yg dibagi atas beberapa kelas diantaranya, kelas menggambar, tari, menulis, musik, komputer, prakarya dan fotografer.

Sebagai catatan penting Rumah Pemimpin Muda Indonesia(RPMI) merupakan sebuah project karantina yg di inisiasi oleh pemuda yang bernama Akbar Musfatir.

RPMI merupakan wadah bagi pemuda Indonesia untuk belajar banyak mengenai kepemimpinan, kebangsaan, ketuhanan, kemandirian serta kemanusiaan melalui sebuah project mentoring selama 6 bulan.

Selama 6 bulan mentoring, ada banyak kegiatan dan aktivitas yang akan dilakukan dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan pemuda yang terpilih dan tergabung didalamnya, seperti mentoring tiap hari kamis yg menghadirkan pembicara dan pemateri” dari luar yg sesuai dgn basicnya, kunjungan/belajar lapangan, temu tokoh inspiratif, yasinan/ pengajian rutin tiap bulan, forum diskusi/debat, take action dilingkungan sekitar dll.

Pemberian Cenderamata oleh pemateri

Harapannya, semoga dengan adanya wadah ini, pemuda” Indonesia bisa belajar banyak mengenai kepemimpinan, pemimpin yang bukan hanya jago di rana forum diskusi dan debat, tapi pemimpin yang juga hebat di lapangan yang memberikan kebermanfaatan dan impact langsung ke masyarakat, karena itulah inti sebuah gerakan yaitu kembali ke masyarakat, memerhatikan dan memberikan perubahan dimasyarakat sekitar, Indonesia dan bahkan dunia. Itulah kewajiban kita sebagai pemuda.

Penulis: Akbar Musfatir (Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar)
hp: 085256044641

*IG: @rumahpemimpinmuda
FB: Rumah Pemimpin Muda Indonesia
GMAIL: rumahpemimpin muda@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here