Tingkatkan Minat Membaca, The IDE Sulsel Programkan Gerakan 1000 Buku Untuk Jampea

0
69
views

APAKABARKAMPUS.COM – Makassar, The Institute of Democracy and Education Sulawesi Selatan (The IDE Sulsel) melakukan kunjungan kerja kepada Founder sekaligus Directur Exclusife The IDE Indonesia Gugun Gumilar.

Pertemuan ini diadakan di Perpustakaan DPR RI yang membahas sejumlah agenda dan program kerja kedepannya. Tak terkecuali soft launching “Gerakan 1000 Buku untuk Jampea” yang ditandai dengan pemberian buku secara simbolis oleh Founder The IDE Indonesia kepada Ramli selaku Ketua Umum IDE Sulsel.

“Pulau Jampea yang termasuk di Kabupaten Kepulauan Selayar adalah sasaran untuk program ini. Setidaknya mengenal sedikit banyaknya tentang daerah tersebut karena telah melakukan pengabdian pada pulau tersebut pada program lainnya yaitu Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Negeri Makassar (ENJ UNM) September lalu.

Untuk itu dijadikan program ini untuk meningkatkan literasi anak-anak sekolah, remaja maupun dewasa. Sehingga diharapkan program “Gerakan 1000 Buku untuk Jampea” ini mendapatkan apresisasi dan bantuan baik moral maupun moril kepada seluruh aspek pemerintahan, lembaga, komunitas, dan masyarakat.” ungkap Ramli salah satu delagasi ENJ UNM 2017.

Hal ini mendasari program tersebut karena minat baca harus ditingkatkan guna mencerdaskan kehidupan bangsa seperti dalam kutipan UUD 1945. Terlebih lagi pulau Jampea yang kesulitan akses karena jaringan yang mendukung. Padahal beberapa desa sekitar dan pulau yang saling berdekatan, sekolah mulai dari SD, SMP dan SMK sudah berdiri di pulau tersebut. Sehingga sangat perlu untuk terlaksanakannya program tersebut. Oleh karena itu untuk turut memberi sumbangsih dan dampak yang nyata maka The IDE Indonesia mengambil bagian tersebut.

“Setiap pemuda Indonesia harus memilki sikap dalam dirinya untuk memajukan negaranya. Meminjam ungkapkan oleh Jhon F. Kennedy, “Ask not what your country can do for you. But ask what you can do for your country,” yang bermakna jangan tanya apa yang tanah airmu dapat memberikan kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang dapat kamu berikan kepada tanah airmu.

Hal ini telah di contohkan oleh IDE Sulsel melalui soft launching “Gerakan 1000 Buku untuk Jampea, Selayar”. Ini adalah program yang inspiratif dan memiliki dampak yang positif bagi pembangun SDM anak anak muda Indonesia melalui literasi.” tutur Gugun Gumilar selaku Founder The IDE Indonesia setelah pemberian buku secara simbolis di Perpustakaan DPR RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here