Tips Bagi Mahasiswa Agar Membaca Buku Tidak Membosankan

0
416
views

Apakabarkampus.com–Minggu (5/11/2017). Membaca buku bukan sebatas hobi atau sekadar keharusan karena tuntutan tugas kuliah. Namun setiap dari kita butuh untuk membaca buku. Karena hanya dengan membaca buku maka dengan sendirinya kita bersedia membuka pikiran, memperluas wawasan dan mempertajam analisa akan sesuatu hal.

Minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Berdasarkan hasil studi Most Literred Nation In The World 2016 menempatkan Indonesia di urutan ke-60 dari 61 negara. Tepat diantara Thailand dan Botswana. Dari 1000 orang Indonesia hanya satu orang saja yang memiliki passion dalam hal minat baca.

Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya bahwa mindset masyarakat tentang aktivitas membaca buku adalah suatu hal yang membosankan. Namun, perlu diperhatikan dengan serius karena salah satu dampak dari kurangnya minat baca adalah masyarakat akan semakin rentan terkena virus hoax yang dapat memecah belah sendi kehidupan kita.

Berikut beberapa tips sederhana agar aktivitas membaca tidak membosankan :

Cobalah memulai aktivitas membaca buku dengan genre buku yang anda minati terlebih dulu. Setelah mengetahui genre buku cobalah untuk mencari resensi buku tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pahami gambaran umum atau topik dari buku yang akan dibaca. Dengan memahami gambaran tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui pokok bahasan dari buku yang akan kita baca. Untuk buku non-fiksi cobalah melihat daftar isinya untuk melihat apa saja yang akan dibahas dalam buku, sedangkan untuk buku fiksi lebih baik membaca sinopsis dulu lalu mulai membaca isi agar kita tidak kehilangan kejutan cerita dalam buku.

Akrabkan diri dengan kosa kata baru dalam buku, karena hal ini cukup bagus untuk menambah pembedaharaan kata kita. Namun, agar tidak jenuh dengan kosa kata baru dan bisa memahami isi buku dengan baik, caranya dengan sekaligus membaca buku yang sesuai tema atau memakai bantuan aplikasi KBBI yang sudah tersedia untuk smartphone. Jadi smartphone juga bisa membantu aktivitas membaca asalkan jelas fungsinya.

Membaca buku dalam suasana yang kondusif, tips ini bergantung kenyamanan kita masing-masing. Ada yang suka membaca di suasana tenang di rumah, ada juga yang suka dalam membaca ketika di cafe ditemani musik kesukaan. Jadi membacalah sesuai sesuai suasana yang nyaman bagi kita.

Setelah membaca buku, buatlah ringkasan dari apa yang kita baca. Ini akan memudahkan ketika suatu waktu kita membutuhkan hasil bacaan kita untuk ditulis atau didiskusikan.

Karena dengan membiasakan diri kita untuk cinta membaca, berarti kita juga ikut mengamalkan kandungan nilai UUD 1945 yaitu untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Mari membaca bersama!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here