Seminar Lingkungan “Reforma Agraria Sebagai Solusi Perubahan Iklim”

0
326
views

Apakabarkampus.com-Sabtu, 04 November 2017. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Jawa Tengah akan mengadakan Seminar Lingkungan pada Sabtu, 11 November 2017 di Aula Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah. Seminar mengusung tema reforma agraria sebagai solusi perubahan iklim. Tema tersebut diangkat menyesuaikan dengan tema Kongres Nasional V KOPHI yang pembukaannya akan dilaksanakan sekaligus bersamaan dengan tema Luhuring Pertiwi Sangkan Paraning Dumadi, yang memiliki arti Kelestarian Lingkungan Hidup menjadi Tujuan Hidup Manusia.

Pembicara dalam seminar lingkungan ini berasal dari Dinas Agraria dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah dan Akademisi di STPN Yogyakarta yaitu Samta Prayitna Aptnh, MH dan Dr. Sutaryono, S. Si, M.Si. Kedua materi akan mengarusutamakan reforma agraria sebagai salah satu solusi bagi perubahan iklim dan membahas upaya percepatan reforma agraria untuk segera dilaksanakan. Selain itu juga membahas upaya pengembalian fungsi tanah sebagaimana mestinya dan membahas arah dan kebijakan pemerintah dalam solusi untuk perubahan iklim. Selanjutnya akan didiskusikan mengenai peran serta masyarakat dalam reforma agraria dan mencegah perubahan iklim sekaligus peran pemangku kepentingan dalam menyukseskan reforma agraria agar perubahan iklim dapat segera teratasi.

Seminar dilaksanakan dengan membawa pesan positif bahwa anak muda juga memiliki kepedulian terhadap keresahan dunia mengenai perubahan iklim. Generasi muda bahkan memiliki semangat untuk memperbaiki tingkat kualitas lingkungan hidup agar aman dan nyaman untuk ditinggali kedepannya. Perubahan pola perilaku menjadi lebih ramah lingkungan terus dikampanyekan dengan positif. Namun perubahan tersebut tanpa adanya solusi besar yang mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi keberlanjutan hidup akan dinilai lamban dan terlambat. Kami para generasi muda yang memiliki kepedulian terhadap perubahan iklim ingin mencari lebih tahu dan lebih dalam mengenai Reforma Agraria yang kami yakini dapat menjadi Solusi bagi permasalahn Perubahan Iklim.

Seminar ditunjukkan dengan terus mengkampanyekan semangat positif. Bentuk Kegiatan juga akan menunjukkan pengelolaan kegiatan anak muda yang ramah lingkungan. Diantaranya peserta seminar akan dihimbau untuk membawa botol minum masing-masing karena air minum hanya akan disediakan melalui galon yang dapat meminimalisir sampah botol plastik. Penghematan penggunaan energi listrik akan dilakukan dengan menggunakan tempat yang lebih ramah lingkungan. Penyediaan konsumsi peserta seminar akan menggunakan sistem prasmanan sehingga dapat meminimalisir sampah bungkus makanan ringan. Selain itu penyelenggara akan menyediakan tempat sampah yang dibedakan antara organik dan anorganik sebagai kampanye perubahan perilaku generasi muda dalam menjaga lingkungan.

Narahubung
Ikbal Herdiansyah 0856-4161-6754
Ketua Panitia Kongres Nasional V KOPHI

Penulis: Sutrisno Petis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here