FPMI Gelar Kongres Pemimpin Muda Di Sul-Sel

0
226
views

Apakabarkampus.com-Forum Pemimpin Muda Indonesia mengadakan kegiatan kongres pemimpin muda Sulawesi Selatan pada Sabtu, 4/11/2017 di Baruga Anging Mammiri propinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan semacam ini baru pertama kali dilakukan di Makassar oleh Forum Pemimpin Muda Indonesia dan diikuti oleh 24 Kabupaten Kota se-Sulawesi Selatan.

FDMI sendiri merupakan lembaga independen kepumadaan yang bergerak untuk melaksanakan projek-projek social khususnya dalam bidang politik sebagaimana tema yang diangkat yaitu “Politik Cerdas Berintegritas”.

Delegasi Kabupaten Enrekang

Dalam kongres tersebut turut pula diadakan kegiatan Leadership Group Discussion (LGD). Pemeteri yang sempat hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Komisioner KPU bapak Faisal Amir yang membahas tentang Pemilu Berintegritas, turut pula hadir kesbangpol kota Makassar, Ahmad Namsu selaku pihak dari pemerintah kota Makassar beliau membawakan materi tentang Kontribusi kepala daerah dalam politik berintegritas.

Pihak panitia juga mengundang kadispora sulsel ibu Ir. Sri Endang Sukarsih, Mp yang membawakan materi tentang peren pemuda dalam penyelenggaraan politik di Indonesia.
Pada kongres kali ini juga diadakan pelantikan bagi para delegasi terpilih dari setiap Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan untuk menjadi angkatan 1 pemimpin muda Sulawesi Selatan.

Setelah pelantikan tugas dari setiap delegasi kabupaten/kota sebenarnya baru dimulai sebagaimana yang disampaikan oleh Muh.Romario Basirung selaku Project Leader KPM SulSel Angkatan 1, bahwasanya setiap delagasi harus melakukan program/projek sesuai dengan tema politik cerdas berintegritas di daerahnya masing-masing selama beberapa bulan, yang kemudian projek tersebut akan dipresentasikan di Kongres Nasional bulan Maret nanti di Tanah Toraja.

Sekaligusakan direkomendasikan sebagai calon DPP Forum Pemimpin Muda Indonesia. Selain para delegasi yang telah terpilih melalui hasil seleksi selama beberapa bulan terdapat pula honorable mention yang juga telah dilantik menjadi DPW SulSel yang dipilih dari daerah terdekat dari Makassar dan juga telah melalui proses seleksi.

Sasaran utama dari project yang akan dilakukan oleh setiap delegasi kabupaten/kota yaitu para pemilih pemula. Projek yang nantinya akan dilakukan akan difasilitasi oleh pihak dari Forum Pemimpin Muda dan bekerjasama dengan KPU serta Dispora dari tiap kabupaten/kota, contoh projek yang dilakukan beragam seperti melakukan festival politik cerdas berintegritas, cerdas cermat politik ataupun melakukan seminar atau workshop. Dalam kongres yang dilakukan di Baruga Anging Mammiri diadakan juga pelatihan tentang Networking dan Smart Pitching.

Para pemuda yang terlibat dalam kegiatan tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda mulai dari peserta yang masih duduk dibangku sekolah, para mahasiswa serta sarjana dari berbagai kampus di Makassar, dan dari kalangan pemuda sendiri yang berasal dari daerah.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi landasan awal perpolitikan di Indonesia menjadi lebih baik dan dapat menumbuhkan pemili-pemilih yang cerdas

Penulis: Muh Ashar
(Mahasiswa Jurusan Fisika UIN Alauddin Makassar & Delegasi Kabupaten Enrekang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here