Pemda Enrekang Siapkan 3 desa Binaan  menuju Desa Sadar Hukum

0
255
views

Apakabarkampus.com – Pemerintah daerah Kab. Enrekang bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Temu Sadar Hukum Selasa (7/11) di desa Saludewata.

Kegiatan yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, kepala desa dan kepala kecamatan itu bertujuan untuk membina desa binaan untuk menenuhi kriteria yang ditetapkan sebagai desa sadar hukum.

Kegiatan yang dibuka oleh kabag hukum pemda Enrekang menyatakan bahwa ada tiga desa binaan di kab. Enrekang yang disiapkan menuju desa sadar hukum yaitu desa Mata Allo, Saludewata dan Tongkonan Basse.

Sesuai dengan peraturan Kepala BPHN Nomor PHN.HN.03.05-73 Tahun 2008 Tentang Pembentukan dan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum dan Desa/Kelurahan Sadar Hukum pada Lampiran II dijelaskan bahwa suatu Desa atau Kelurahan Binaan ditetapkan menjadi Desa/Kelurahan Sadar Hukum apabila memenuhi kriteria sebagai berikut: 1. Pelunasan kewajiban membayar pajak bui dan bangunan mencapai 90% (sembilan persen) atau lebih; 2. Tidak terdapat perkawinan di bawah usia berdasarkan ketentuan dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan; 3. Angka kriminalitas rendah; 4. Rendahnya kasus narkoba; 5. Tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan; dan 6. Kriteria lain yang ditetapkan Daerah. (Puguh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here