Komunitas Astec Makassar Membantu Warga Kassi-kassi Kurangi Banjir

0
412
views

Apakabarkampus.com–Senin (13/10/2017). Komunitas astec (arsitektur & environment community) Makassar menjalankan program bakti sosial bekerjasama dengan warga kelurahan Kassi-kassi kota Makassar. Jangkauan kerja bakti sosial dipusatkan di lorong sekitar baruga paralegal. Tujuan dari bakti sosial ini untuk mengurangi volume banjir di daerah tersebut.

“Tahun lalu kami mengadakan mubes di tempat ini dan saat itu tempat ini sempat tergenang banjir. Makanya, kami kembali memilih tempat ini untuk melaksanakan bakti sosial. Kami membersihkan drainase dan membuat sumur resapan di lorong untuk mengurangi volume banjir.” ujar Mursyidin Aras selaku ketua panitia bakti sosial yang akrab disapa Joe.

Respon baik juga didapatkan dari warga sekitar lokasi bakti sosial. Warga merasa terbantu dengan adanya bakti sosial ini, setidaknya volume banjir yang setiap tahun selalu menggenangi daerah mereka bisa berkurang.

“Saya sangat berterima kasih dengan hadirnya adik-adik mahasiswa di tempat kami. Saya berharap warga kami yang masih awam bisa memahami dan ikut andil, karena banjir adalah masalah kita bersama. Saya juga menghimbau agar warga tidak membuang sampah sembarangan apalagi di drainase.” kata Abdul Rahman selaku kepala rukun tetangga warga setempat.

Sedangkan menurut Rusdiahwan, ketua komunitas astec Makassar, “Kegiatan baksos ini menjadi pengalaman berharga bagi kami, ini menjadi wadah kami untuk belajar terjun langsung ke masyarakat. Sebagaimana fungsi mahasiswa yang menjadi agen perubahan dan bentuk pengabdian masyarakat.” tutupnya.

Bakti sosial ini telah berlangsung selama dua hari, sabtu dan ahad kemarin. Hal yang menjadi permasalahan warga setempat adalah daerahnya yang memang rendah dan diperparah dengan macetnya aliran air di drainase. Solusi banjir yang diberikan berupa sumur resapan. Namun sumur resapan yang dibuat dinilai masih kurang efektif karena tanah warga ternyata tanah berpasir yang kurang cepat untuk menyerap air.

Olehnya itu bakti sosial ini akan tetap dijalankan bertahap kedepannya. Bekerjasama dengan warga setempat. Mengingat masalah banjir di daerah tersebut memerlukan solusi yang kompleks serta tidak bisa diatasi dengan sekali kerja melainkan dikerjakan bertahap dan konsisten agar hasilnya bisa maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here