Astec Makassar Bagi-bagi Bibit Pohon di Kampus II UIN Alauddin Makassar

3
534
views
Perwakilan anggota komunitas Astec Makassar berfoto bersama wakil rektor III UIN Alauddin Makassar, Prof. Sitti Aisyah, M.A. Ph.D

Apakabarkampus.com. Masih dalam rangkaian kegiatan sketsa publik dengan tema pemuda sebagai arsitek bangsa. Setelah melakukan bakti sosial tahap pertama di daerah Kassi-kassi kota Makassar pekan lalu, komunitas astec (arsitektur & environment community) Makassar kembali melanjutkan salah satu item kegiatannya. Yaitu berbagi bibit pohon di kampus II UIN Alauddin Makassar yang berlokasi di Samata kabupaten Gowa. Rabu (15/10/2017)

Astec Makassar mendapatkan dukungan dan kerjasama dari balai perbenihan tanaman hutan kabupaten Gowa berupa bibit pohon mahoni, ketapang dan trambesi dengan jumlah masing-masing 150 bibit pohon. Sedangkan kampus II UIN Alauddin Makassar dipilih karena saat ini notabene anggota komunitas astec Makassar merupakan mahasiswa teknik arsitektur di kampus tersebut. Dimana kampus tersebut dijuluki kampus hijau atau kampus peradaban islami.

Mereka melakukan long march sambil berbagi bibit pohon yang diawali dari gedung rektorat kampus dan dilanjutkan menyambangi semua fakultas yang ada.

Anggota komunitas Astec Makassar berfoto bersama di depan gedung rektorat kampus II UIN Alauddin Makassar

Respon positif didapati dari berbagai lapisan warga kampus, mulai dari perwakilan lembaga kemahasiswaan, dosen dan staff serta tidak ketinggalan wakil rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama, yaitu Prof. Sitti Aisyah, M.A., Ph.D. “Daripada demo, lebih baik kegiatan seperti ini yang dilaksanakan. Selain itu, kegiatan yang bersifat positif seperti ini harus tetap didukung dan diapresiasi.” ujarnya.

Anggota Astec Makassar membagikan pohon kepada sekretaris jurusan teknik arsitektur, Marwati, S.T., M.T.

Menurut Mursyidin Aras selaku ketua panitia, “Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman karena tetap semangat dan kompak dalam kegiatan kali ini. Selain itu saya sangat mengapresiasi antusias positif dari birokrasi kampus dan rekan-rekan mahasiswa yang menyambut baik kegiatan kami.”

Bibit pohon diterima oleh perwakilan salah satu lembaga kemahasiswaan

Bagi-bagi bibit pohon ini menjadi bentuk kepedulian komunitas astec Makassar untuk menjaga kelestarian alam dan menjadikan kegiatan ini sebagai wadah mengajak masyarakat untuk peduli akan pentingnya penghijauan. Hal itu senada dengan tanggapan Rusdiahwan, ketua komunitas astec Makassar. “Kegiatan ini dilakukan karena melihat kondisi lingkungan yang kurang sehat dan juga untuk mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian bahwa pohon sangat penting dalam kehidupan. Penghijauan itu bisa dimulai dari kampus kita sendiri.” tutupnya.

Foto : Muh. Aidil Fadli (Sekretaris Panitia Sketsa Publik Astec Makassar)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here