Dr. Yanti dengan Program OSOC-nya

0
778
views
Dr. Yanti, S.ST., M.Keb, Dosen STIKES Estu Utomo Boyolali, Jawa Tengah.

Apakabarkampus.com – Menjadi pemateri pada seminar dan workshop internasional yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia Timur (UIT), Minggu (19/11), Dr. Yanti, S.ST., M.Keb dari STIKES Estu Utomo Boyolali Jawa Tengah memaparkan program OSOC-nya (one student one client).

Pemegang program OSOC tersebut mengatakan bahwa program ini diperuntukkan untuk menekan angka kematian pada masa kehamilan hingga melahirkan.

“Yakni satu mahasiswa turun langsung mendampingi satu klien, ibu-ibu yang sedang hamil. Jadi didampingi sampai ibu tersebut betul-betul melahirkan dengan selamat,” papar Dr. Yanti.

Dalam menjalankan OSOC itu katanya, mahasiswa yang mendampingi si calon ibu akan memberikan penanganan yang berbeda tergantung dari kondisi fisik, gizi maupun usianya.

“Kan ada juga remaja yang hamil di usia belasan, biasanya mereka malu untuk diperiksa. Sehingga untuk kondisi yang seperti itu kita ajak kumpul bersama dengan sesama usia mereka sehingga akhirnya mereka mau ditangani,” ujarnya.

“Program ini telah kami terapkan di Jawa Tengah dan hasilnya sangat maksimal dan efektif sekali,” tambahnya saat ditemui di sela-sela seminar.

Dr. Yanti, S.ST., M.Keb dari STIKES Estu Utomo Boyolali (Kanan) dan Asst. Prof. Dr. Pratuma Rithpho, MNS dari Thailand (Kiri).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa program OSOC itu sebenarnya merupakan disertasinya yang kemudian akhirnya dijadikan program oleh pemerintah di Jawa Tengah.

“Saya pikir di Makassar pun cocok untuk kita terapkan program OSOC ini,” tutur Dr. Yanti.

Diketahui, seminar internasional tersebut diselenggarakan oleh kolaborasi antara kampus UIT, BEM, Fakultas Keperawatan UIT, Rimatajang Institut Indonesia yang dihadiri oleh sekitar 600-an peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Nursyanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here