Perhatikan Indek massa Tubuh dan Lingkar Pinggang Anda

0
215
views

Apakabarkampus.com-Overweight (kelebihan berat badan) atau obesitas meningkatkan risiko terhadap banyak penyakit dan kondisi tertentu.  Semakin berat, semakin besar kemungkinan untuk menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kandung empedu, sleep apnea, dan kanker .

Di sisi lain, berat badan normal memiliki banyak manfaat: menurunkan risiko terhadap penyakit yang telah disebut sebelumnya, membantu merasa nyaman dengan diri sendiri, dan memberi lebih banyak energi untuk menikmati hidup.

Indeks Massa Tubuh (IMT)

IMT secara akurat memperkirakan total lemak tubuh. Dan, jumlah lemak dalam tubuh merupakan indikator risiko untuk berbagai penyakit.

Ada dua cara untuk memeriksa IMT Anda:

Pertama, jika menggunakan tabel temukan tinggi badan Anda di kolom sebelah kiri. Kemudian, ikuti sampai Anda menemukan berat badan Anda. Angka di bagian atas kolom itu adalah BMI Anda.

Tanpa menggunakan tabel, Imt dapat dihitung dengan menggunakan rumus.

Meskipun IMT dapat digunakan untuk  pria dan wanita, namun memiliki beberapa keterbatasan: Misanya pada atlet dapat memiiliki IMT yang berlebih padahal bukannya lemak yang banyak tetapi otot. Dan juga pada orang tua dengan hasil IMT yang rendah, mungkin saja memiliki lemak yang lebih.

lingkar pinggang

Lingkar pinggang juga merupakan pengukuran penting untuk membantu Anda mengetahui keseluruhan risiko kesehatan Anda. Jika sebagian besar lemak Anda ada di sekitar pinggang Anda, maka lebih berisiko terhadap penyakit jantung dan diabetes.

  • Risiko ini meningkat dengan pengukuran pinggang yaitu: Lebih dari 35 inci untuk wanita dan lebih besar dari 40 inci untuk laki-laki. Faktor Risiko Lain untuk Penyakit Jantung Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung lainnya seperti merokok, jenis kelamin, usia dan kelebihan berat badan atau obesitas, Anda akan berisiko lebih besar memiliki masalah kesehatan. Dokter Anda akan memeriksa IMT, lingkar pinggang, dan faktor risiko penyakit jantung lainnya
  • Jika Anda kelebihan berat badan (IMT 25-29,9), lingkar pinggang dalam batas normal, dan memiliki kurang dari dua faktor risiko penyakit jantung, maka penting bagi Anda untuk tidak menambah berat badan.
  • Jika Anda kelebihan berat badan (IMT 25-29,9) atau memiliki lingkar pinggang diatas nilai normal dan memiliki dua atau lebih faktor risiko, maka penting bagi Anda untuk menurunkan berat badan.
  • Jika Anda mengalami obesitas (IMT≥ 30), maka penting bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

Bahkan penurunan berat badan yang kecil (hanya 5-10 persen dari berat badan Anda saat ini) akan membantu menurunkan risiko Anda terkena penyakit yang terkait berat badan (Penyakit jantung, diabetes melitus).

 

Science News. What you should know about healthy weight

By : Annisa Riska Yanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here