Protein tertentu lebih baik dalam membentuk massa otot

0
37
views

Apakabarkampus.com- Protein merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Protein memiliki banyak fungsi salah satunya adalah membangun massa otot.  Jika anda termasuk orang yang memperhatikan massa otot sebaiknya anda harus memperhatikan diet protein pada makanan anda, menurut sebuah tinjauan ilmiah yang dipublikasikan di Nutrition & Metabolism.

Penelitian komprehensif ini menunjukkan bahwa leusin merupakan asam amino ( senyawa penyusun protein) yang paling menentukan sintesis (pembuatan) protein otot dan kemungkinan pertumbuhan otot.

Leusin bukan hanya rangka bangunan untuk protein, tapi juga memicu kerja otot untuk mensintesis lebih banyak protein.Intinya, leusin mengaktifkan sintesis protein seperti saklar waktu sehingga seiring berjalannya waktu, terjadi peningkatan massa dan kekuatan otot, dan selanjutnya terjadi peningkatan komposisi tubuh.

Protein dengan kandungan leusin paling tinggi adalah konsentrat protein whey. Whey protein adalah protein susu berkualitas tinggi karena profil asam aminonya dan mudah dicerna.

Berdasarkan data jenis protein dan sintesis protein otot, protein whey dinilai lebih tinggi dari sumber protein lainnya seperti kedelai, kacang polong atau nasi. Seiring bertambahnya usia akan terjadi kehilangan massa otot jika tidak dilakukan usaha untuk mencegah. Suplemen whey protein yang kaya leusin, dikombinasikan dengan latihan ketahanan, bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mempertahankan massa otot sepanjang usia.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji lebih lanjut protein berdasarkan kualitas, mudah tidaknya dicerna dan profil asam amino, serta untuk mengidentifikasi pengaruhnya terhadap manula. Saat ini, konsumen sebaiknyamengonsumsi suplemen protein yang mengandung leusin, seperti whey, untuk memaksimalkan manfaat dari latihan yang dijalani.

 

Science New : Some proteins are better in building muscles than others

By : Annisa Riska Yanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here