Kajian Kitab Riyadhus Shalihin, BAB Kesabaran: Hadits ke-36

0
226
views

Apakabarkampus.com – Kesabaran merupakan sifat yang sangat penting untuk di miliki oleh manusia, terlebih terhadap pengemban dakwah.

Kesabaran mampu membuat kesulitan terasa lebih mudah, dan kesabaran pula yang mampu menjadikan manusia tetap konsisten melakukan sesuatu yang notabennya terasa sulit.

Bertempat di masjid Al-Ihsan, jl. Alauddin 3 no. 2, Makassar, MIM (Markaz Imam Malik) menggelar Kajian Kitab Riyadhus Shalihin. Selasa (5/12) malam.

Di bawakan oleh ustadz Harman Tajang, kajian tersebut di hadiri oleh puluhan jamaah yang didominasi oleh mahasiswa.

Masuk ke pembahasan BAB Kesabaran, tepatnya pada hadist ke-36 yang berbunyi, Dari Abu Abdurrahman, beliau berkata, “seakan aku melihat Rosulullah menyebut seorang Nabi dari Nabi-Nabi ALLAH swt. yang sampai dipukuli oleh kaumnya dan ia mengeluarkan darah, kemudian Nabi itu mengusap darah yang keluar dari wajahnya seraya berdoa, ‘ya ALLAH … ampunilah kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak tau’.”

Beliau kemudian menjelaskan beberapa faedah yang bisa di ambil, “hal ini menunjukkan kepada kita, bahwa menempuh jalan kebenaran itu memerlukan kesabaran,” Ujarnya.

Lebih lanjut, beliau menambahkan tentang sifat seorang da’i, yakni tidak pernah dendam dengan pribadinya (jika di cela), namun jika agama ALLAH yang dilecehkan, barulah dia marah.(*)

 

Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here