Pendidikan Tinggi di Indonesia

0
26
views

Reformasi Pendidikan Tinggi di Indonesia

Data dari Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa ada 9,5 persen (688.660 orang)1 dari total tuna karya yang merupakan alumni perguruan tinggi. Hal ini berhubungan dengan adanya kesenjangan antara jumlah pencari kerja terdidik yang baru dengan jumlah kesempatan kerja yang ada. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia perlu memiliki konsep modern untuk Perguruan Tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi tuntutan pasar global.

Berdasarkan hasil studi Willis Towers Watson2 yang meneliti tentang praktik terbaik manajemen bakat dan program penghargaan karyawan pada tahun 2014, 8 dari 10 perusahaan di Indonesia kesulitan mendapatkan lulusan Perguruan Tinggi yang siap pakai. Banyak lulusan Perguruan Tinggi yang belum memenuhi standar yang diharapkan oleh tuntutan pasar karena karakteristik pekerjaan itu sendiri. Untuk menanggapi kendala ini, Tokoh Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. Arief Rachman3 mengatakan bahwa kita perlu memiliki konsep pendidikan tinggi yang modern untuk menciptakan lulusan yang kompeten dan memiliki skill yang mumpuni.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Indonesia adalah perubahan kurikulum. Selama ini memang sudah banyak terjadi perubahan dalam hal kurikulum. Namun, yang perlu diperhatikan, perubahan kurikulum harus disesuaikan dengan kebutuhan industri dan pasar global yang dinamis. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka kurikulum setidaknya harus memuat pendidikan yang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, model bisnis pendidikan yang baru, orientasi pada keterampilan yang teruji dan berdaya saing, serta pengembangan bidang ilmu strategis.

Pada intinya, sebuah reformasi itu bisa diwujudkan jika ada keinginan untuk berubah. Dalam hal ini peran orang tua, guru dan dosen sangat penting untuk mengajarkan nilai-nilai reformasi kepada generasi muda agar tidak takut terhadap suatu perubahan. Sehingga reformasi pendidikan bisa diwujudkan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here