Jenis Buah ini yang Paling Melindungi Kesehatan

0
40
views

Apakabarkampus.com- Menurut sebuah meta-analisis baru yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology, orang yang memakan banyak buah dan sayuran cenderung lebih  sehat dalam banyak hal. Selain itu juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kanker dan kematian dini.

Para ilmuwan meneliti berapa banyak kematian dini yang dapat dicegah setiap tahun di seluruh dunia jika setiap orang makan 800 gram buah dan sayuran setiap hari dan didapatkan  7,8 juta kematian setiap tahunnya.

Namun jika setiap orang makan 500 gram buah dan sayuran dalam sehari, jumlahnya berkurang  menjadi 5,4 juta kematian.Dua sampai empat juta kematian terkait penyakit kardiovaskular dapat dicegah jika setiap orang memakan jumlah buah dan sayuran yang optimal.

Apel dan pir, buah sitrus, jus buah, sayuran berdaun hijau dan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C termasuk jenis buah dan sayuran yang terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini.Berbeda dengan buah kalengan yang justru dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Buah dan sayuran mengandung serat, vitamin C, antioksidan, potasium dan flavonoid, yang sangat berkaitan dengan kesehatan.Asupan serat yang tinggi dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah dan pembengkakan di tubuh, memperbaiki fungsi pembuluh darah dan mencegah overweight  dan obesitas.

Antioksidan dapat mencegah radikal bebas dan jenis oksigen reaktif lainnya dari kerusakan bahan genetik tubuh. Buah dan sayuran juga bisa memiliki efek positif pada bakteri di usus.”Suplementasi dengan antioksidan dan vitamin tidak memiliki efek menguntungkan yang sama,” kata penulis utama.

Sumber berita: Universitas Sains dan Teknologi Norwegia.

By Annisa Riska Yanti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here