Bachtiar Adnan Kusuma: Berselancar Lewat Buku Menaklukkan Nasib

0
43
views

Apakabarkampus.com –¬†Beberapa hari ini, saya menikmati betul liburan bersama anak-anak di Rusunawa Blok D Unhas, rasanya sangat menikmati bacaan buku Jasruddin Daud M”Menalukkan Nasib” Novel inspiratif yang membentangkan kisah hidup Guru Besar UNM Makassar ini. Sebuah buku yang membentangkan kisi-kisi hidup inspiratif Sang Pendidik yang sedikitpun tak sungkan membuka perjalanan hidupnya yang begitu memilukan.Manisnya doa sekaligus indahnya berbagi menjadi kunci utama menjalani hidup sang tokoh dalam buku ini.

Ada ragam pemantik dan hikmah yang menarik dipetik sebagai bekal hidup di zaman sekarang ini. Doa-doa ikhlas dari kedua orang tua, menjadi pembuka jalan bagi jodoh, rejeki dan kematian. Hanya kerja keras, pendidikan yang baik dan selalu berbuat baik pada sesama menjadi kunci-kunci hidup Jasruddin Daud M.

Nah, buku Jasruddin Daud M inilah yang memberikan pelajaran kepada pembaca bahwa sebuah kesuksesan tidaklah lepas dari tiga hal. Pertama, taat beragama. Semua orang mendambakan kesuksesan, namun banyak juga yang belum tahu caranya. Kesuksesan apapun yang ingin dicapai, sesungguhnya tidaklah lepas dari ketaatan kita beragama. Taat beragama dengan rajin menjalankan perintah agama dan larangan Tuhan adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah dan Rasulnya. Hanya orang yang taat beragama bisa mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan dunia dan akherat.

Kedua, berbakti kepada kedua orang tua. Orang-orang yang besar yang pernah kami temui, nyaris sebagian besar mengakui kalau kesuksesan yang diraihnya karena berkah dari doa-doa kedua orang tuanya. Takkan ada kesuksesan tanpa doa dan restu dari kedua orang tua kita.Bersyukurlah pembaca yang masih memiliki kedua orang tua, dan orang tua kita adalah pelecut dan pembuka jalan bagi keberhasilan apapun yang kita capai. Doa dan dukungan kedua orang tua adalah berkah dan kemudahan, apapun yang akan kita lakukan semuanya menjadi mudah karena doa orang tua.

Ketiga, berbagi kepada sesama. Tak ada orang jatuh miskin hanya karena bersedekah, apalagi suka memberi. Bersedekah adalah jalan terbuka menuju surga. Siapapun yang suka memberi, Allah akan bukakan pintu-pintu rejekinya.

Penulis : Bachtiar Adnan Kusuma

Editor : Irma Muhsen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here