Galerry UMKM telah launching di Makassar

0
39
views

Apakabarkampus – Satu lagi gallery produk UMKM berbasis lorong hadir di Kota Makassar, Tepatnya di kelurahan Rappokalling Kecamatan Rappokalling.

Gallery yang seratus persen diisi oleh produk-produk dari UMKM binaan Rumah Zakat ini diberi nama Gadde Ta, dan ada puluhan macam produk dari aneka camilan hingga bumbu dapur yang diproduksi oleh UMKM di kelurahan Rappokalling yang sudah bisa kita temui disana.

Kamis (28/12) Gadde Ta dilaunching dan dibuka secara resmi yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ibu Sri Rahmi, anggota dewan dari fraksi PKS.

Menurut Sri Rahmi, kehadiran Gadde Ta sangat dibutuhkan oleh UMKM sebagai rumah bersama dalam memasarkan produk mereka.

“Kehadiran Gadde Ta ini sangat dibutuhkan oleh UMKM sebagai rumah bersama dalam memasarkan produk mereka, karena selama ini kendala utama UMKM adalah bagaimana mereka bisa menjual produk yang mereka buat,” tutur Rahmi.

Gadde Ta adalah Gallery usaha mikro kecil yang dibangun sebagai rumah pemasaran bersama yang memfasilitasi produk-produk usaha mikro dampingan Rumah Zakat.

Display barang di toko Gadde Ta

Ini adalah salah satu implementasi dari program pemberdayaan ekonomi mikro dan kecil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu. Demikian penjelasan dari Manajer Rumah Zakat, Amir.

“Meskipun Gadde Ta berlokasi di Makassar, namun tidak hanya produk-produk usaha mikro kecil dari Makassar yang dipajang di sana, namun ada juga beberapa produk dari kabupaten lain yang menjadi lokasi dampingan Rumah Zakat,” ujar Amir.

Kegiatan Launching Gadde Ta ini dihadiri juga oleh perwakilan Dinas Koperasi Provinsi, Pihak Kelurahan Rappokalling, perwakilan Lembaga Makassarpreneur dan Pelaku UMKM binaan Rumah Zakat dari Kelurahan Rappokalling dan Kelurahan Maccini.

Rahmatia Nuhung, Konsultan UMKM dari Makassarpreneur, menyatakan bahwa Lembaganya siap mendukung dan berkontribusi dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan aspek manajemen usahanya.

Display produk.

“Karena sebagian usaha mikro masih kurang memperhatikan aspek-aspek manajemen dalam mengembangkan usaha mereka sehingga kami dari Makassarpreneur siap berkontribusi dalam setiap agenda pemberdayaan ekonomi yang dilaksanakn oleh Rumah Zakat,” ucap Rahmatia.

Selanjutnya Ana Mardiyati, salah satu fasilitator ekonomi lingkungan Rumah Zakat mengatakan bahwa jumlah penerima manfaat dalam program pemberdayaan ekonomi mereka hingga saat ini berjumlah 35 orang dari dua lokasi dampingan yakni, Rappokalling dan Maccini.

“Harapannya kedepan agar jumlah ini semakin meningkat sehingga saudara-saudara kita yang kurang mampu makin berdaya dan sejahtera
Meski acara launching ini dalam kondisi hujan, sedikitpun tidak mengurangi semangat dari para tamu untuk mengikuti kegiatan hingga selesai,” harap Mardiyati.

Beberapa produk yang dipajang langsung dibeli oleh pengunjung. Jika anda ingin menikmati aneka camilan dari Gadde Ta, silahkan berkunjung ke Jalan Dg Tantu Lrg.9 No.9 Kelurahan Rappokalling. (*)

 

Fatimah (Anggota Makassarpreneur)

Citizen Journalist : Fatimah (Anggota Makassarpreneur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here