Akhir Tahun, Alisa Khadijah ICMI Sulsel Gelar Smart Seminar

0
82
views

Apakabarkampus – Menutup tahun 2017, Asosiasi Muslimah Pengusaha (Alisa) Khadijah ICMI Sulawesi Selatan menggelar Silaturrahim dan Smart Seminar dengan Tema “Menjadi Enterpreneur Wanita yang Tangguh dari Aspek Agama, Keluarga dan Masyarakat.

Kali ini panitia menghadirkan Indo Etung pengurus Alisa wilyah Sulsel dan Zakiyah yang juga owner dari Bakso Qalbu sebagai pemateri pada seminar yang sedang digelar pada Sabtu (30/12) yang dihadiri oleh kurang lebih 50 orang peserta, dan kegiatan ini dilaksanakan di Grand Himawan Hotel jalan Pengayoman Makassar.

Kegiatan ini pun dihadiri oleh pengurus Alisa Wilayah Sulsel, Kota Makassar, pengurus dari beberapa Kabupaten, dan beberapa Alisa Junior dari kalangan mahasiswa.

Bahkan Ibu Bhayangkari propinsi Sulawesi Barat, Ny Baharuddin Jafar turut hadir dan memberikan sambutannya, dalam sambutannya ia sedikit menjelaskan tentang hubungan antara bisnis dengan ketaatan seorang istri kepada suaminya.

“Bahwa kesuksesan seorang muslimah dalam bisnisnya ini sangat ditentukan oleh seberapa besar ketaatan dia kepada suaminya,” tuturnya.

Lanjut dari pada itu, Karena bagi sorang istri, surganya berada di bawah telapak kaki suami, sehingga dalam menjalankan bisnisnya, muslimah harus mengutamakan kewajibannya sebagai seorang istri bagi suaminya dan ibu bagi anak-anaknya, Lanjutnya.

Terutama di era digital saat ini, peran istri dalam rumah tangganya adalah lebih diutamakan untuk melakukan tugas-tugas pendidikan dan pengawasan terhadap anak-anaknya, tutupnya.

Sebagai keynote speaker, Sutinah Made yang juga selaku Ketua Alisa Kahdijah ICMI Sulsel mengingatkan bagaimana perempuan harus bersikap.

“Perempuan, dalam hal ini muslimah, sangat dibutuhkan perannya untuk membangun ekonomi bangsa, mengingat saat ini Indonesia masih jauh tertinggal dari bangsa-bangsa lainnya,” ucap Sutinah Made.

Selain untuk mempererat ukhuwah diantara pengurus dan anggota, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengusaha muslimah dalam mengembangkan usaha mereka.

Dan salah satu materi yang dibawakan oleh Zakiyah, owner Bakso Qalbu, adalah bagaiman menjangkau pasar dengan konsumen yang tertarget di era global ini.

Saat materi berlangsung

Peserta sangat antusias mengikuti terutama saat sesi praktek selling dilakukan, sehingga beberapa produk yang dibawa oleh peserta laku terjual.

Materi lain yang juga sangat penting bagi seorang muslimah pengusaha yaitu bagimana menjalankan bisnis degan tetap berdasar pada aturan-aturan Allah melalui apa yang tertera dalam alqur’an dan hadist nabi saw, terutama larangan terhadap riba dan aqad-aqad yang bathil.

Disinilah dituntut seorang muslimah pengusaha untuk bisa smart, senantiasa belajar, tidak saja soal bisnis namun juga ilmu agama secara menyeluruh. (*)

 

Rahmatia Nuhung

Citizen Reporter : Rahmatia Nuhung (Pengurus Alisa Sulsel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here