Fakta Tentang Gula Buah

0
47
views
Apakabarkampus.com-Gula mendapat citra  yang buruk di kalangan media populer sehingga beberapa orang menjadi ragu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami, terutama buah.
Ada banyak penelitian yang mengungkapkan efek yang merugikan kesehatan dari mengonsumsi  gula tambahan yang terlalu banyak, tapi tidak banyak tentang gula alami.
Secara keseluruhan, asupan buah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.
Hal lain yang membingungkan adalah beberapa buah seperti semangka dan anggur memiliki indeks glikemik tinggi, patokan yang mengukur seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah.
Tetapi yang lebih akurat daripada indeks glikemik adalah beban glikemik (glikemic load) yang merupakan jumlah karbohidrat per porsi makanan dan sampai tingkat mana akan menaikkan kadar glukosa darah seseorang setelah memakannya.
Karena semangka dan anggur cukup rendah karbohidrat, beban glikemiknya rendah. Secara umum, sebagian besar buah segar atau beku utuh memiliki kadar glikemik yang relatif rendah.
Selanjutnya, buah memiliki efek memuaskan secara alami, sedangkan makanan olahan dengan pemanis tambahan cenderung mudah dicerna dan karena itu mudah untuk dimakan secara  berlebihan
Bayangkan seberapa cepat seseorang bisa menelan kaleng cola standar 12 ons yang mengandung 40 gram gula olaha dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunyah sebuah apel yang mengandung sekitar 13 gram gula alami serat, vitamin, antioksidan, dan air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here