Perhiasan Penuntut Ilmu

0
73
views

Apakabarkampus.com – “Sesungguhnya ulama adalah pewaris para Nabi. Sungguh para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu. Barang siapa mengambil warisan tersebut, ia telah mengambil bagian yang banyak.”

Dalil di atas merupakan kutipan dari ucapan ustadz dr. Muh. Ihsan Zainuddin, Lc., M.Si. saat membawakan Kajian Spesial yang diselenggarakan oleh MIM (Markaz Imam Malik). Senin (8/1) malam.

Bertempat di Masjid Nurul Hikmah, jl. RSI Faisal 14 no. 14, Makassar, kajian ini dihadiri oleh puluhan jamaah dan santri.

Suasana kajian yang dibawakan oleh dr. Ihsan

“Seorang penuntun ilmu harus memulai belajar dari ilmu-ilmu yang sifatnya mendasar. Karena siapa yang tidak menguasai ilmu-ilmu yang sifatnya mendasar, maka ia tidak akan mampu menguasai puncak ilmu,” ujar dr. Ihsan yang mengutip perkataan seorang ulama salaf.

Kajian yang juga dirangkaikan dengan buka puasa (puasa sunnah senin) bersama ini, mengangkat tema ‘Perhiasan Penuntut Ilmu’.

Lebih lanjut, dr. Ihsan menggambarkan tentang kondisi kebanyakan penuntut ilmu saat ini, “kebanyakan orang mempelajari sesuatu yang ia senangi, padahal seharusnya kita mempelajari sesuatu yang kita perlukan/butuhkan,” tambahnya.(*)

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here