Mengalami Masalah Haid, Perhatikan Gejala-Gejala PCOS (Polycistic Ovary Sindrome)

0
63
views

Polycistic Ovary Syndrome adalah masalah yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Sindrom ini menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan kesusahan untuk hamil. PCOS juga dapat menyebabkan perubahan pada penampilan. Jika penyakit ini tidak di tangani , seiring waktu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes melitus dan penyakit jantung. Hampir semua wanita pcos mempunyai kista kecil di oavrium sehingga disebut sebagai polycistic ovarium Syndrome. Kista ini tidak berbahaya namun menyebabkan hormon imbalance. Perubahan satu hormon dapat menyebabkan perubahan pada hormon lain. Misalnya : produksi hormon ovarium tidak normal. Normalnya ovarium memproduksi sedikit hormon seks laki-laki ( Hormon androgen). Pada PCOS hormon androgen diproduksi lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan ovulasi terhenti, akne dan pertumbuhan rambut extra Di wajah dan badan.
Tubuh penderita dapat mengalami resistensi insulin sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, sehingga dapat menyebabkan diabetes.
Penyebab PCOS belum diketahui tetapi mungkin disebabkan karena faktor genetika.
PCOS Bukan merupakan penyakit, melainkan kumpulan gejala yang terdiri dari amenorrhea, haid yang tidak teratur, infertil, hirsutisme, dan obesitas dengan karakteristik ovarium membesar dan mempunyai banyak kantong atau kista yang berisi cairan. Sinonim = Sindrom Stein-Levanthal.
Gejala klinik yang dapat ditemukan yaitu :
1. Gangguan haid ( Oligomenore/amonore)
2. Infertil
3. Maskulinisasi/hirsutisme
4. Obesitas
5.Akne, Pengecilan Payudara.
6. Hiperandrogen
7. Keadaaan tambahan seperti : Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner, Dislipidemia.
Cara diagnosis yaitu riwayat haid dan gejala klinik
Pemeriksaan kadar hormon meninggi
Hasil pemeriksaan USG : Kista Folikuker multiple dengan berbagai ukuran.
Penanganan untuk pcos, Bagi yang belum menginginkan anak dianjurkan menggunakan pil kontrasepsi, Hirsutisme-androgen misalnya Siproteronasetat (SPA) Atau pil kontrasepsi yang mengandung SPA
Bagi yang menginginkan anak diberikan pemicu Ovulasi klomifen sitrat, epimestrol, juga HMG Klomifen sitrat. Sebelumnya harus diberikan dulu pil kontrasepsi lalu di induksi ovulasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here