MIB Indonesia Launching Buku ‘Duka Ci(n)ta’ Karya Sastrawan Muda Makassar

0
83
views

Apakabarkampus.com – Makassar, Launching Buku ‘Duka Ci(n)ta’ karya sastrawan muda Makassar, Alif A Putra dan Talkshow Kepenulisan Puisi oleh Bang O, telah sukses dilaksanakan Kamis, 11 januari 2018, bertempat di Cafetaria 99, Kompleks Pasar Segar Makassar. Redaksi penerbit MIB Indonesia menggandeng tiga komunitas untuk meramaikan kegiatan ini, diantaranya Pecandu Aksara, Aksara Merdeka dan Malam Sureq.

“Inspirasi dari mana saja, tanpa batas, sebab bagi saya semua adalah ide dalam sebuah puisi dan kata adalah pemberi rasa kepada cinta yang sesungguhnya,” ungkap Alif A Putra saat pertama kali bercerita tentang ide-ide dari tulisan karyanya.

Buku puisi, Duka Ci(n)ta karya Alif A Putra terbitan MIB Indonesia Pemilik nama lengkap Alif Arhanda Putra ini pernah menimbah ilmu di Fakultas Hukum dan Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Sejak dulu Ia mencintai buku dan kata serta bercita-cita menjadi seorang Pengajar dan Pujangga.

Kedua cita-cita Alif tersebut sudah terwujud, semenjak buku pertamanya ‘Duka Ci(n)ta’ telah dilaunching oleh penerbit MIB Indonesia, dan bisa dikatakan Ia telah menjadi ‘pujangga’. Penulis ‘Duka Ci(n)ta’, Alif A Putra Alif juga merupakan dosen di salah satu Universitas di Sulawesi Barat.

“Cinta tidak butuh penampakan luar, cinta itu datangnya dari hati ke jantung, dan itulah mengapa di sampul buku saya tidak memiliki wajah,” ujar pria kelahiran Sengkang ini.

Ia berharap, lewat buku Duka Ci(n)ta, semoga kata dan rasa mampu menyatakan cinta, cita, dan cipta kepada manusia seutuhnya. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi talkshow kepenulisan Puisi, oleh Widyawan Setiadi yang merupakan pemilik nama pena Bang O, Pendiri Aksara Merdeka dan penulis buku ‘Struktural Cinta’. Talkshow Puisi oleh Bang O

“Saya harus bersuara dan saya harus berkarya. Jadi puisi adalah cara saya untuk berekspresi,” kata Bang O saat menjelaskan alasan mengapa Ia berpuisi.

Widyawan menjelaskan, ada tiga jenis puisi baru yang sering digandrungi kawula akhir-akhir ini yakni Puisi lipat dus, puisi patidusa dan puisi tetractys.

Pembicara lainya, Aurora Rahmah yang merupakan Pimpinan Redaksi MIB Indonesia sekaligus editor, membawakan materi cara menerbitkan buku di MIB Indonesia.

“Caranya sangat sederhana cukup mengirim naskah di email mib.publishing.indonesia@gmail.com dan memenuhi biaya terbit, silakan hubungi Sekretaris Redaksi saya, Azimah Nahl No WA: 085256421347 untuk tahu list biaya terbit,” jelasnya.

Aurora Rahma menambahkan, penulis yang melahirkan sebuah karya maka penerbitlah yang menjadi bidan lahirannya sebuah buku, seperti buku ‘Duka Cinta’ yang telah lahir di tangan Penerbit MIB Indonesia,” ungkapnya.

Acara ditutup dengan penampilan musikalisasi puisi ‘Tanda Seru’ oleh grup musikalisasi komunitas Aksara Merdeka. Penampilan grup musikalisasi puisi yang digawangi oleh Gilang, Fatah, Izzah, Yatna, dan Iswandi ini menuai tepuk tangan dari para peserta yang hadir.(*)

*Citizen Reporter : Azimah Nahl (Sekretaris Redaksi Penerbit MIB Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here