Matematika Terapan Dapat Memprediksi Perkembangan Kanker

0
18
views

Apakabarkampus.com-Sebuah penelitian dari University of Waterloo mengungkapkan bahwa matematika terapan dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu memprediksi pembentukan dan evolusi berbagai jenis kanker.

Penelitian ini menggunakan dinamika evolusioner yaitu suatu bentuk analisis matematis untuk melihat bagaimana mutasi ganas berevolusi pada sel induk di kanker kolorektal dan usus.

“Menggunakan matematika terapan untuk memetakan evolusi kanker memiliki potensi bagi onkologist untuk melacak perkembangan kanker tertentu dan pada dasarnya menangkap detail penting evolusi penyakit ini.” kata Mohammad Kohandel, seorang profesor matematika terapan di Waterloo. “Menggabungkan penggunaan matematika terapan dengan kemajuan penelitian sebelumnya dalam biologi kanker, dapat berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang penyakit ini di beberapa bidang.”

Studi ini menemukan ketika sel punca kanker membelah dan meniru, sel baru yang tercipta dapat jauh berbeda dari sel aslinya. Karakteristik ini dapat memiliki dampak substansial pada perkembangan kanker baik secara positif maupun negatif dan penggunaan matematika dapat membantu memprediksi perilaku sel dengan lebih baik.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa jenis analisis ini mungkin berguna dalam mencegah munculnya sel kanker, selain membantu mengembangkan perawatan yang lebih intens dan efektif.

“Mampu memprediksi evolusi sel kanker bisa sangat penting untuk menyesuaikan perawatan yang akan menargetkannya secara efektif,” kata Siv Sivaloganathan, seorang profesor dan ketua departemen matematika terapan, di Waterloo. “Ini juga dapat membantu menghindari resistansi obat yang diketahui berkembang di banyak jenis kanker.

www.eurekalert.com

Annisa Riska Yanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here