Ingin Punya Anak Hafal Qur’an? Silahkan Amalkan Hal-Hal Ini

0
53
views

Apakabarkampus.com – Bertempat di Masjid Baiturrahman, jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar, Rehab Hati Makassar menggelar One Day Training. Ahad (28/1) pagi hingga petang.

Di antara rangkaian acaranya adalah Sinergi Pelatihan Motivasi Keluarga Qur’ani, Taskiyyatunnufus (penyucian jiwa) dan Terapi Al-Qur’an (ruqyah).

Pemateri pertama

Ustadz Ichwan Jufri, SHI. selaku pemateri pertama mengutip sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Malik, al-Hakim, al-Baihaqi, Ibnu Nashr dan Ibnu Hazm yang berbunyi, “aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab ALLAH dan Sunnah Rasul-Nya.”

Pemateri kelahiran Soppeng, 25 Juli 1984 ini, juga mengatakan bahwa isi dari bacaan ruqyah adalah Al-Qur’an, “orang yang sudah menghafal Al-Qur’an, insya ALLAH bisa meruqyah, karena isi dari ruqyah adalah Al-Qur’an,” katanya di hadapan puluhan peserta yang hadir.

Pembina di 10 Lapas (lembaga pemasyarakatan/penjara) yang ada di Makassar ini, menambahkan tentang hukum menghafal Al-Qur’an, “hukum menghafal 30 juz adalah fardhu kifayah, namun hukum menghafal sebagian Al-Qur’an adalah fardhu ‘ain,” tambahnya.

Lebih lanjut, beliau juga memaparkan tentang kiat-kiat yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkan minat anak menghafal Al-Qur’an:
1. Mendoakannya
2. Memberi teladan
3. Membangun lingkungan yang kondusif
4. Menasehati dan mengingatkan keutamaannya
5. Membangun kebiasaan dan memgulang-ulang
6. Memberi reward dan punishment

Waktu telah menunjukkan sekitar pukul 11.30 pagi, dan acara di lanjutkan dengan sesi ruqyah oleh ustadz Aswar.

Sebelum membaca ayat-ayat ruqyah, beliau terlebih dahulu membacakan QS. Al-Anfaal ayat 2 yang berbunyi, “sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama ALLAH gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.”

Kegiatan One Day Training ini merupakan salah satu program Rehab Hati Makassar, yang berdiri di bawah Rehab Hati Foundation. Dan hampir di tiap-tiap daerah di Indonesia sudah ada Rehab Hati nya.

Setelah sholat dhuhur ditunaikan, acara kembali dimulai dengan materi selanjutnya yang dibawakan oleh ustadz Amir Anca—salah satu pembina Rehab Hati Makassar.

Pemateri kedua

“Dalam tubuh manusia ada sel, dalam sel ini ada kromosom, dan dalam kromosom ada DNA, dalam DNA ada Gen, nukleotida, dan molekul DNA, disitulah Syaitan mengganggu manusia, dan hasilnya bisa jadi pusing, dan berbagai penyakit lainnya. Kemudian ketika dibacakan Al-Qur’an, maka bacaan Al-Qur’an tersebut akan masuk menembus sampai ke dalam DNA dan menghilangkan gangguan-gangguan di dalamnya.” Ujarnya.

Kemudian, beliau juga mengatakan bahwa dukun dengan peruqyah tidak akan pernah bersatu, seperti ibaratnya musik dengan Al-Qur’an, yang juga tidak akan mungkin bersatu.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here