Berikut Beberapa Masjid yang Akan Gelar Sholat Gerhana

0
88
views

Apakabarkampus.com – Gerhana Bulan diprediksi akan terjadi malam ini, rabu (31/1).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Senin (29/1/2018), di Jakarta, mengingatkan bahwa fenomena gerhana bulan langka akan terjadi pada 31 Januari. Seperti yang dilansir dari bangka.tribunnews.com.

Ummat Islam diperintahkan untuk menunaikan sholat kusuf (gerhana bulan), seperti yang dicontohkan oleh Rosulullah saw.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, dia bercerita bahwa pada masa Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terjadi gerhana matahari, lalu beliau mengerjakan shalat bersama orang-orang. Maka beliau berdiri dan memanjangkan waktu berdiri, lalu beliau ruku dan memanjangkannya. Kemudian beliau berdiri dan memanjangkannya—berdiri yang kedua ini tidak selama berdiri pertama. Setelah itu, beliau ruku dan memanjangkan ruku, rukunya ini lebih pendek dari ruku pertama. Selanjutnya, beliau sujud dan memanjangkannya. Kemudian beliau mengerjakan pada rakaat kedua seperti apa yang beliau kerjakan pada rakaat pertama. Setelah itu, beliau berbalik sedang matahari telah muncul. Lalu beliau memberikan khutbah kepada orang-orang. Beliau memanjatkan pujian dan sanjungan kepada ALLAH. Dan setelah itu, beliau bersabda.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ، لاَيَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُم ذَلِكَ، فَادْعُوا اللَّهَ، وَكَبِّرُوْا، وَصَلُّوْا، وَتَصَدَّقُوْا ثُمَّ قَالَ : يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ، وَاللَّهِ مَامِن أَحَدٍ أَغْيَرُ مِنْ اللَّهِ أَنْ يَزْنِيَ عَبْدُهُ أَوْ تَزْنِيَ أَمَتُهُ، يَاأُمَّةَ مُحَمَّدٍ لَوْ تَعْلَمُوْنَ مَاأَعْلَمُ، لَضَحِكْتُمْ قَلِيْلاً، وَلَبَكَيْتُمْ كَثِيْرً

“Sesungguhnya matahari dan bulan itu merupakan dua (tanda) dari tanda-tanda kekuasaan ALLAH. Keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang dan tidak juga karena kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jika kalian melihat hal tersebut maka hendaklah kalian berdo’a kepada ALLAH, bertakbir, shalat dan bersedekah”. Setelah itu, beliau bersabda : “Wahai umat Muhammad, demi ALLAH, tidak ada seorang yang lebih cemburu dari ALLAH jika hamba-Nya, laki-laki atau perempuan berzina. Wahai umat Muhammad, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis” [Diriwayatkan oleh Asy-Syaikhani]. (Sumber: https://almanhaj.or.id/1938-shalat-gerhana-bulan-dan-shalat-gerhana-matahari.html).

Merespon hal ini, beberapa masjid di Sulawesi Selatan akan melaksanakan sholat kusuf secara berjamaah.

Di antara masjid-masjid yang akan melaksanakannya adalah:

Masjid Anas Bin Malik STIBA, Makassar
Masjid Babul Haq Bontotangga, Gowa
Masjid Nurul Falah Pari’risi, Takalar
Masjid Hj. Sitti Saerah, jl. Abd. Daeng Sirua, Makassar
Masjid Arrayyan, jl. Lintas Brimob, Parepare
Masjid Nurul Hikmah, jl. RSI Faisal 14 no. 14, Makassar

Untuk itu, silahkan menghadiri masjid-masjid yang dekat dari rumah Anda.

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here