FORMASI Dan HAMAASA Gelar Daurah Bahasa Arab di Sinjai

0
43
views

Apakabarkampus.com – Forum Alumni Syi’ar Islam Sinjai (FORMASI) bekerja-sama dengan Himpunan Mahasiswa dan Alumni Al Birr Sinjai (HAMAASA) menggelar Daurah Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syi’ar Islam Sinjai, jalan Ahmad Dahlan Isma, Kab. Sinjai. (2-4/2/2018).

Seminar ini mengangkat tema “Merawat Peradaban Dengan Belajar Bahasa Arab” yang diikuti oleh sekitar 80 santri Pon-pes Syi’ar Islam.

Santri akhwat ketika mendengarkan materi

Arinal Hidayah Amsur selaku ketua panitia mengungkapkan, tujuan diadakannya Daurah Bahasa Arab ini adalah untuk menambah khazanah keilmuan para santri. Mengajak mereka untuk menyadari pentingnya tahu bahasa Arab sebagai instrument terpenting untuk mengenal Islam lebih dalam. Terutama, dalam memahami berbagai kutubutturas (kitab warisan para ulama) yang notabene semua menggunakan bahasa Arab dan masih sedikit yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Beliau juga menghimbau kepada selurus peserta yang mengikuti Daurah Bahasa Arab ini agar Bahasa Arab dijadikan sebagai Life Stayle (Gaya Hidup), dimaksudkan agar bahasa Arab sebagai bahasa Al Qur’an itu betul-betul dipahami.

Sementara, Pimpinan Pondok Pesantren Syi’ar Islam Sinjai, H. Asyrafurrijal mengungkapkan ucapan terimakasih yang sebesar-sebesarnya kepada para pemateri yang hadir dari Ma’had Al Birr Makassar untuk berbagi ilmu kepada adik-adik di Pondok Pesatren Syi’ar Islam.

Kemuadian beliau mengutip sebuah hadist dan ayat Al Qur’an

خيركم من تعلم القرأن وعلمه

“Sebaik-baik manusia adalah yang belajar bahasa Arab lalu kemudian mengajarkannya.”

يرفع الله الذين آمنو منكم والذين أوتو العلم درجات

“ALLAH akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang yang berilmu, dengan banyak keistimewaan atau derajat.”

“Jadi, ALLAH subhananahu wata’al berjanji akan mengangkat tinggi orang yang punya ilmu dan punya iman,” pungkasnya.(*)

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here