Silsilah Amalan Hati: Rajaa’

0
63
views

Apakabarkampus.com – Dengan ilmu seseorang dapat terangkat derajatnya, dengan ilmu pula seseorang dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, tentunya dengan izin ALLAH swt.

Namun untuk mendapatkan ilmu tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh pengorbanan, baik waktu, uang, maupun tenaga.

“Ilmu itu tidak didapatkan dengan bersantai-santai,” ujar ustadz Harman Tajang, selaku pemateri dalam Kajian Spesial di Masjid Nurul Hikmah, jl. RSI Faisal 14 no. 14, Makassar. Senin (19/3) malam.

Mengangkat tema ‘Silsilah Amalan Hati: Rajaa’, kajian yang diselenggarakan oleh MIM (Markaz Imam Malik) ini dihadiri oleh puluhan jamaah dan santri.

Memulai materinya, ustadz Herman menjelaskan tentang definisi Rajaa’, “Ar-Rajaa’ artinya pengharapan, lawan dari Al-Khauf (ketakutan).”

Beliau kemudian mengutip perkataan Hasan Al-Basri bahwa ada orang yang berbaik sangka kepada ALLAH, namun ia tetap mengerjakan kemaksiatan. Sungguh ia dusta, sebab kalau memang ia berbaik sangka kepada ALLAH, pasti ia akan memperbaiki amalannya.

Lebih lanjut, beliau menekankan bahwa ada beberapa rukun dalam ibadah, diantaranya rasa cinta kepada ALLAH dan syariat-Nya, rasa takut kepada ALLAH swt. dan pengharapan terhadap ALLAH swt.

Ustadz Harman juga mengutip salah satu perkataan dari ulama salaf (terdahulu), “barangsiapa yang menyangka bahwa ada dosa besar yang melebihi besarnya ampunan ALLAH, maka persangkaan itu adalah dosa besar.”

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here