STMIK AKBA Makassar Gelar Seminar Nasional Tentang Peran Akademisi di Era Digital

0
58
views

Apakabarkampus.com – Dengan tema ‘Peran Akademisi dalam Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Era Digital’, STMIK AKBA Makassar gelar Seminar Nasional di Aula STMIK AKBA, Ahad (8/04/2018).

Seminar ini membahas tentang Peranan IT dalam mendukung pelaksanaan penelitian di era digital pada dunia akademisi.

Menghadirkan Dr. Alumni Ehime University, Jepang, dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Dr. indrabayu S.T., M.T., M.Bus., Sys Alumni Monash University, Australia, dosen Universitas Hasanuddin Head of Artificial Intelligence and Multimedia Processing Lab. dan Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Alumni Utah State University, USA. Dosen Universitas Indonesia (UI) Head of Digital Library and Distance Learning Lab.

Peserta dalam seminar ini sebanyak kurang lebih 120 peserta dari mahasiswa, dosen dan umum memenuhi aula STMIK AKBA.

Adapun Sambutan ketua Panitia Muhammad Arafah, S.Kom.,M.T. dalam kegiatan ini mengatakan, “alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, dimana peserta yang hadir malampaui apa yang kami targetkan, pada kegiatan ini hadir peserta dari berbagai kampus di kota Makassar, baik dosen maupun mahasiswa pasca sarjana serta mahasiswa STMIK AKBA.”

Adapun isi dalam seminar nasional ini dimana pemateri berfokus pada Peranan IT dalam mendukung pelaksanaan penelitian, beliau uraikan penelitiannya diluar IT.

“Namun pada pelaksanaannya hampir semua lini menggunakan teknologi informasi termasuk cara mendapatkan data yg dapat diterima keakurasiannya,” ungkap Dr. Arman.

Dan Dr. Indrabayu berfokus pada Tri Dharma PT.

“Harus lebih peka terhadap keadaan lingkungan, sebagai mana beberapa produk penelitian dan pengabdian masyarakat yang beliau tampilkan memiliki nilai histori masalah yang bisa dipecahkan dengan teknologi IT. Khususnya Bidang yg digeluti AIMP.” Tuturnya.

Dan yang terakhir Harry Budi Santoso, Ph.D beliu memfokuskan bagaimana pelaksanaan pendidikan senantiasa memanfaatkan teknologi informasi. Beberapa pengalaman dan publikasi terkait pembelajaran online yang lebih dikenal e-learning yang membuktikan bahwa proses pembelajaran memang sudah selayaknya mengikuti perkembagan IT.

Para peserta pun sangat antusias dalam menyimak kegiatan seminar nasional ini, Fitra, salah satu peserta mengatakan, “semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan tiap tahun sebagai penambahan ilmu di era teknologi yang selalu berkembang.”

Kegiatan ini ditutup dengan pemberikan cinderamata kepada para pemateri yang diberikan langsung oleh ketua STMIK AKBA bapak Dr. Askar taliang, M.Si.(*)

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here