Dialog Komunitas Literasi Makassar Dihadiri Tamu Spesial

0
90
views

Apakabarkampus.com – Komunitas literasi di Makassar telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, bak jamur di musim hujan.

Tentu ini adalah hal yang positif, agar komunitas-komunitas tersebut dapat menularkan budaya baca tulis yang kini mulai ditinggalkan oleh masyarakat.

Jum’at (27/4) malam, lima komunitas literasi di Makassar bertemu dan berdiskusi dalam bingkai acara Dialog Komunitas Literasi Makassar, dengan tema pembahasan ‘Menulis Zaman Now’, di Gahara Hotel, jl. Hertasning, Makassar.

Dalam acara tersebut, tak disangka hadir pula penulis senior Ami Ibrahim—pendiri panyingkul.com dan guru dari beberapa penulis muda nasional.

Beliau kemudian diberi kesempatan untuk berbagi ilmu dengan teman-teman yang hadir.

“Anda-anda ini disebut generasi millenials, generasi ini kurang pendalaman, kalau membaca singkat-singkat.” Kritiknya kepada generasi millenials khususnya.

Lebih lanjut, beliau juga mengungkapkan hal penting untuk menjadi seorang penulis, “kalau mau jadi penulis, bacalah reverensi-reverensi berkualitas, jangan hanya membaca angan-angan.”

Dalam kegiatan ini, tampil juga sebagai pembicara, perwakilan dari tiap-tiap komunitas, yakni:
1. Adji Sukman—penulis buku Delusi Tuhan, wakil Pecandu Aksara
2. S. Marindra—penulis buku Siluet Sajak Mahakam, wakil FLP
3. Irhyl R Makkatutu—penulis buku Tetirah, wakil Ipass
4. Suryadi Mustafa—kolumnis opini, wakil Rumah Kata
5. Bang O—penulis buku antologi Struktural Cinta, wakil Aksara Merdeka.

Pembicara tamu pada malam tersebut juga menambahkan, “musuh utama penulis adalah salah ketik, makanya kalau sudah menulis jangan buru-buru upload, endapkan dulu, baca dulu.”

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here