Dari Job Seeker Menjadi Job Creator Antar Agus Syam Raih Gelar Doktor UNM

0
266
views

Apakabarkampus.com – Masalah pokok pendidikan kewirausahaan di Indonesia adalah pola pikir sebagian besar masyarakat bahwa tujuan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi untuk menjadi pegawai negeri sipil bukan untuk menjadi seseorang yang mempunyai mental wirausaha. Pembelajaran kewirausahaan belum mampu mengubah mindset lulusan perguruan tinggi dari mencari pekerjaan (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).

Demikian alasan dikemukakan Agus Syam dalam penelitian disertasinya dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Motivasi, dan Minat Berwirausaha terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar” yang dipertahankan di depan sidang ujian promosi doktor di Program Pascasarjana UNM pada Rabu, (30/5) di Ruang Rapat AD 302.

Temuan penelitian Dosen Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Ekonomi UNM menunjukkan: terdapat pengaruh signifikan pembelajaran kewirausahaan, motivasi berusaha, dan minat berwirausaha terhadap pengambilan keputusan mahasiswa dalam berwirausaha di UNM.

Selain itu, hasil penelitiannya juga menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pembelajaran kewirausahan terhadap minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa serta terdapat pengaruh signifikan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa di UNM.

Penelitian kewirausahaan mahasiswa merupakan explanatory research dengan pendekatan survei dengan jumlah populasi 654 mahasiswa UNM yang mengajukan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan sampel sebanyak 242 mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SEM.

Putra kelahiran Sidrap menyakinkan kepada tim penguji, pembelajaran kewirausahaan sangat penting diberikan kepada mahasiswa, bukan hanya fokus pada transfer pengetahuan, melainkan juga yang sangat penting adalah pemberian semangat kewirausahaan pada diri mahasiswa. Salah satu inspirasi kewirausahaan adalah inovasi dan kreativitas yang harus ditumbuhkembangkan dalam jiwa mahasiswa.

Salah seorang tim penguji, Prof.Dr.Chalid Imran Musa,M.Si. menegaskan bahwa konsep kewirausahaan adalah menginspirasi. Karena itu, inkubator bukan sebagai faktor penentu utama. Pembelajaran kewirausahaan harus memberi motivasi bagi mahasiswa dalam proses pembentukan jiwa dan karakter kewirausahaan.

Setelah menjawab semua sanggahan dan bantahan dari tim penguji, Agus Syam dinyatakan lulus dengan indeks prestasi kumulatif 3,59 atau predikat kelulusan memuaskan. Agus Syam merupakan lulusan doktor ke-32 Program Studi Pendidikan Ekonomi dan ke-705 PPs UNM. Sidang ujian dipimpin Prof.Dr.Anshari,M.Hum., dengan anggota: Prof.Dr.Haedar Akib,M.Si., Prof.Dr.Mukhtar Yunus,M.Si., Prof.Dr.Chalid Imran Musa,M.Si., Prof.Dr.Rifdan,M.Si., Dr.St.Hasbiah,M.Si., Dr.Basri Bado,M.Si., dan Dr.Muhlis Ruslan,S.E.,M.Si.

Menurut Prof.Dr.Anshari,M.Hum selaku Asdir Bidang Kerja Sama dan Publikasi, penelitian kewirausahaan menjadi sangat strategis karena visi UNM berbasis kewirausahaan.

“Semua prodi di PPs UNM akan memasukkan mata kuliah wajib kewirausahaan sehingga bukan sekedar menjadi pelengkap tetapi terintegrasi dalam mata kuliah,” tegas Guru Besar FBS UNM.

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here