Memberdayakan Anak Panti; Kelompok Mahasiswa FT UNM Gelar Pelatihan Menjahit ANTALGIS

0
47
views

Apakabarkampus.com, Makassar – Kelompok Mahasiswa Fakultas Teknik UNM terlibat dalam program PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti. Program tersebut ialah memberdayakan anak panti asuhan dengan menggelar pelatihan menjahit ANTALGIS (Bantal, Guling, Seprai dan Selimut) dengan motif Aksara Lontara.

Pelatihan menjahit tersebut digelar di panti asuhan Al-Khaerat beralamatkan Jl. Daeng Tata Kompleks Hartaco Indah Blok 2 E. Kelurahan Ballang Baru, Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Dalam pelatihan ini melibatkan seluruh anak panti asuhan yang dilakukan sejak bulan April hingga Juni 2018.

Kelompok mahasiswa ini beranggotakan 4 orang yaitu Nirma Yanti Pendidikan Kesejahteran Keluarga (PKK 2016) selaku ketua kelompok, Sukmawati Syukur (PKK 2015), Alfira (PKK 2017) dan Muhammad Yusran mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK 2016). 

”Yang dilakukan yaitu mengajarkan anak panti asuhan menjahit serta membuat sulaman aplikasi dengan teknik tusuk feston pada ANTALGIS (Bantal, Guling, seprai, Selimut) dengan memasukkan unsur tulisan Aksara Lontara sebagai motifnya” tutur Nirma Selaku Ketua Kelompok. 

Lebih lanjut Nirma sapaan akrab ketua kelompok mengatakan melalui kegiatan ini Aksara Lontara diperkenalkan kepada anak panti sebagai bentuk upaya pelestarian budaya tulisan Aksara Bugis-Makassar ini. Selain itu kita juga mengajarkan kepada mereka untuk bisa mandiri dalam finansial melalui menjahit ANTALGIS untuk di jadikan bisnis bagi mereka” ujar mahasiswi angkatan 2016.

Sementara itu, pembimbing Nirma, Dr. Hamidah Suryani, M.Pd mengungkapkan bahwa PKM merupakan wadah bagi mahasisa unutk mengembangkan kreativitas intelektual dan kecerdasan dalam berorganisasi, menurutnya, kreativitas ialah panduan tiga unsur utama dalam diri manusia, yakni pikiran, perasaan, dan keterampilan.

“Mahasiswa dapat berlatih logika berfikir, melatih daya analisa, melatih moral communication, berlatih menulis, melatih agar dapat bekerja mandiri maupun bekerja sama tim/kelompok, melatih diri untuk disiplin, dan bertanggung jawab sesuai dengan bidang ilmu masing-masing,” ungkapnya.

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini adalah program tahunan yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai upaya untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Adapun program PKM ini terdiri dari 7 jenis program yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-AI). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here