LP2M Unhas Gelar Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SMPN I Mappakasunggu

0
40
views

Apakabarkampus.com – Menulis artikel ilmiah, tidaklah sulit sepanjang calon penulis memiliki motifasi kuat untuk memulainya. Demikian ujar Dr. Hasniati, S.Sos. M.Si. Di hadapan guru SMP Negeri I Mappakasunggu, Kabupaten Takalar.

Kegiatan Pengabdian pada masyarakat, LP2M Universitas Hasanuddin, itu diikuti kurang lebih 20 guru dari berbagai bidang studi, pada SMPN I Mappakasunggu. Berlangsung Minggu, (22/7), dengan anggota Dr. Muhammad Hamzah S., S.Si. MT. Prof. Dr. Rabina Yunus, Dr. Nur Indrayati, Dra. Nani Harlinda.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah, bagi kalangan guru itu, juga menerima materi pelatihan dari Dr. Hamzah, dengan materi bagaimana menulis untuk publikasi jurnal internasional yang teridexcopus.

Peserta dibimbing untuk memulai penulisan karya ilmiah, dengan mengamati berbagai problem belajar sehari-hari, dimulai dari kesulitan siswa menerima pelajaran tertentu, hingga fenomena sosial yang bisa dan menarik untuk diteliti.

Kegiatan itu juga bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang artikel ilmiah. “Guru harus terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi ilmiah, agar terus meningkat serapan pengetahuan keilmuan,” ujar Dr. Hasniati.

Dra. Nani yang juga fasilitator kegiatan, mengatakan “Kegiatan ilmiah bagi guru menjadi wajib, karena siswa akan mendapat manfaat dari meningkatnya ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Kegiatan LP2M Unhas ini dalam rangka membantu masyarakat, sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan setiap tahun oleh dosen.

“Kewajiban dosen adalah menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, hal itu menjadi kewajiban, serta tanggungjawab moral dan sosial bagi masyarakat,” ujar Dr. Hasniati. (*)

 

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here