Dua Tokoh RUMPI Persembahkan Kiat Sukses Menyunting Buku

0
21
views

Apakabarkampus.com – Mata kuliah penyuntingan adalah salah satu mata kuliah yang bisa meningkatkan kemahiran berbahasa mahasiswa. Selain dibutuhkan teori menyunting bahasa, juga dibutuhkan praktik menyunting yang intensif.

Buku Panduan Praktik Penyuntingan akan memandu mahasiswa untuk mahir menyunting bahasa. Akan tetapi, buku ini juga layak dibaca oleh siswa, dosen, guru, penulis, editor, dan praktisi literasi lainnya.

Selain itu, buku ini juga wajib dibaca editor pemula. Pasalnya banyak editor pemula yang kebingungan saat pertama kali kerja di penerbitan. Pasalnya, mereka melamar menjadi editor di penerbit buku sekolah dan buku agama tanpa pengalaman di bidang penyuntingan. Padahal, menjadi editor di kedua jenis penerbit tersebut memerlukan kemahiran mengedit di atas rata-rata. Akhirnya, banyak editor yang hanya berfungsi sebagai korektor.

Buku Panduan Praktik Penyuntingan ini adalah salah satu solusi alternatif bagi editor pemula dan mahasiswa. Pasalnya, buku ini memaparkan langkah-langkah menyunting naskah terjemahan dari bahasa Arab atau naskah agama Islam, naskah buku pelajaran sekolah, dan naskah berita. Selain itu, pada buku ini juga Anda akan dibimbing utk praktik mengedit ketiga jenis naskah itu. Ada juga banyak trik dan tips agar Anda bisa mahir menyunting.

Buku ini dipersembahkan dua tokoh penghuni Rumah Penulis Indonesia, sebuah group WA para penulis Indonesia oleh Harlis Kurniawan dan Bachtiar Adnan Kusuma. *)

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here