Optimalkan Layanan Kenotariatan, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Sosialisasi Kenotariatan MPDN Maros dan Sekitarnya

0
147
views

Apakabarkampus.com – Setelah melakukan sosialisasi di dua Wilayah Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) yaitu pada wilayah MPDN Bone dan Parepare, Untuk ketiga kalinya Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan Sosialisasi Layanan Kenotariatan MPDN untuk wilayah Kabupaten Maros dan Sekitarnya di Hotel Grand Town Kabupaten Maros, Selasa (31/07).

Amru Walid Batubara selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksankan sebagai bagian dari tugas Kanwil Sulsel dalam meningkatkan pelayanan publik melalui jasa hukum notaris.

Sementara itu, ketua MPDN Maros, DR. Hasbir Paserangi, SH menyampaikan agar para notaris jangan pernah berhenti untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan.

“Notaris itu tidak hanya diminta untuk mengetahuai bagaimana pelayanan sistem online dan sebagainya tetapi yang lebih penting bagaimana ilmunya harus diupdate setiap saat,” jelas Hasbir Paserangi.

“Untuk itu kedepannya setiap ada kegiatan harus diisi dengan kegiatan substansial bukan hanya sifatnya teknis tapi materi-materi yang menyangkut pekerjaan keseharian notaris termasuk aspek hukumnya. Notaris jangan hanya mengetahui membuat akta, jangan hanya tau membuat perjanjian tapi notaris harus paham masalah pembuktian dan hukum acara karena jika ada masalah hukum maka pembuktiannya yang di cari,” lanjut akademisi Unhas tersebut.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Imam Suyudi yang berharap agar notaris mau terus belajar dan mengerjakan pekerjaan kesehariannya, jangan hanya di berikan kepada pegawai–pegawainya agar para notaris secara terus menerus memberdayakan dirinya bukan hanya memahami secara substansial mengenai pekerjaannya.

“Notaris jangan hanya memahami secara substansial pekerjaannya, namun harus bisa juga mengoperasikan pekerjaan – pekerjaan kesehariannya,” ungkapnya
Kakanwil yang juga mengapresiasi antusiasme para notaris yang hadir hari ini. Karena ini merupakan kebanggaan dari Kanwil Sulsel yang senantiasa melakukan penguatan – penguatan kepada para notaris.

Pada kesempatan ini juga Kakanwil menyampaikan, Ia bersama para kepala Divisi telah menerima SK sebagai tim Investigasi permasalahan notaris di wilayah.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sulsel, Wakil Ketua MPWN Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Ketua MKN Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Pengurus Wilayah INI Provinsi Sulawesi Selatan dan 50 orang notaris sebagai peserta serta 3 orang narasumber yaitu, Ahmad Yulias, SH (Wakil Ketua MPWN), Dr. Ria Trisnomurti, SH.MH (Wakil Ketua MKNW) dan Wiwin Heriadi, S.Kom (Vendor Aplikasi Online Layanan Notariat) *(Humas)

Editor Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here