Rumus Sukses AxBxCxD Ala Rektor UNM

0
22
views

Apakabarkampus.com – Saya sangat berharap kepemimpinan di Program Pascasarjana UNM bergerak maju dan berkembang mengikuti dinamika zaman. Karena itu, saya optimis pilihan saya untuk mengangkat pemimpin baru di PPs tidak salah.

Demikian sambutan Rektor UNM, Prof.Dr.Husain Syam,M.TP. di depan para alumni program doktor (S3) dan magister (S2) dalam acara ramah tamah alumni pada wisuda periode III pada Rabu, (08/08) di Hotel Claro Makassar.

Mantan Dekan FT UNM dua periode itu mengharapkan agar jumlah mahasiswa di PPs sebesar 30% atau sepertiga dari jumlah mahasiswa UNM secara keseluruhan. Kalau perlu, kata Prof. Husain, mahasiswa S1 dikurangi.

Guru Besar Teknologi Pertanian menegaskan sistem organisasi di PPs sudah berjalan baik. Sebab, masukan dan keluaran sudah seimbang. Dengan kata lain, proses akademik berjalan sesuai standar yang baik.

Dalam kaitannya dengan visi dan misi PPs, diharapkan program kewirausahaan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Karena itu, kurikulum di program studi harus secara jelas memasukkan mata kuliah kewirausahaan.

Visi UNM bukan mencetak mahasiswa sebagai pengusaha, syukur kalau ada sekitar 10% menjadi pengusaha, tapi yang penting bagaimana menanamkan jiwa dan semangat kewirausahaan. Sikap kreatif, selalu ingin berubah, kompetetif, antara lain yang perlu ditanamkan pada semua mahasiswa UNM.

“Kalau mau mencari siapa ahlinya, saya adalah orangnya. Karena saya itu berjiwa enterpreneurship. Saya juga telah menulis buku kewirausahaan sebagai rahasia menuju sukses. Dalam buku itu, saya membuat rumus sukses, yaitu AxBxCxD. A adalah alat, pengetahuan atau keterampilan; B adalah bekerja, berusaha; C adalah cita-cita, tujuan hidup; dan D adalah doa. Mengapa tanda kali (x) karena selalu bergerak dengan lompatan,” beber Prof. Husain tentang rahasia sukses.

Direktur PPs UNM, Prof.Dr.Hamsu Abdul Gani,M.Pd. menegaskan bahwa kualitas akademiki di PPs terus menunjukkan peningkatan. Pada wisuda periode III, PPs berhasil meluluskan mahasiswanya terbanyak. Untuk tahun akademik 2018/2019, PPs menerima mahasiswa baru sekitar 1.250 orang. PPs juga akan melakukan workshop kurikulum untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Dr.Kasmawati,M.Pd. selaku ketua panitia melaporkan jumlah wisudawan program doktor sebanyak 36 orang dan magister sebanyak 308 orang. Jumlah keseluruhan 344 orang wisudawan PPs UNM pada periode III tahun akademik 2017/2018.

Asdir Bidang Kerja Sama dan Publikasi, Prof.Dr.Anshari,M.Hum. menilai prestasi akademik wisudawan sangat membanggakan. Sebab, dari 308 orang wisudawan program magister, sebanyak 239 orang mendapat predikat pujian, 61 orang sangat memuaskan, dan 8 orang memuaskan. Dari 36 orang program doktor, sebanyak 4 orang predikat pujian, 28 orang sangat memuaskan, dan 4 orang memuaskan.

Wisudawan terbaik program doktor, yaitu Dr. Andi Aslam Patonangi,SH.,M.Si. yang juga Bupati Pinrang, Dr. Apce Albertin Sapulete,M.Si., dan Dr. Josep Antonius Ufi, SS.,MA.

Wisudawan terbaik program magister, yaitu Alif Ilman Mansyur,S.Pd.,M.Pd., Fausan Suma,S.Or.,S.Pd.,M.Pd., dan Herman Resyadi,S.Pd.,M.Pd. *)

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here