Hasan Sijaya Bertekad Wujudkan Kembali Perpustakaan Multimedia

0
57
views

Apakabarkampus.com – Pelaksana tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, SH, MH bertekad akan mewujudkan kembali Perpustakaan Multimedia yang keberadaannya tidak lagi jelas sejak tahun 2016 lalu.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Plt. Kadis Perpustakaan dan Kerarsipan Sulsel, Hasan Sijaya dengan pimpinan dan staf Bidang Pembinaan Perpustakaan di ruang pertemuan ex Gedung Perpustakaan Multimedia, Jum’at (10/8).

Rapat tersebut dilaksanakan selain sebagai wahana silaturahmi antara pimpinan dan staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, juga untuk membicarakan berbagai hal berkaitan dengan kondisi yang ada di perpustakaan saat ini dan upaya untuk pengembangan perpustakaan ke depan.

Hasan Sijaya yang baru beberapa hari bertugas menjadi Kadis, menggantikan Drs. H. Abd. Rahman, MM yang telah memasuki masa pensiun 1 Agustus 2018 lalu, sebelumnya juga telah menggelar pertemuan serupa dengan pegawai lingkup Sekretariat, pegawai Bidang Pengolahan Arsip dan pegawai Bidang Pelestarian Bahan Pustaka, dan selanjutnya juga akan dilakukan pertemuan dengan pegawai di Bidang Deposit, Pengembangan ,Pengolahan Bahan Pustaka dan pegawai Bidang Pembinaan Kearsipan.

Pertemuan kali ini menjadi momentum bagi Kepala Dinas untuk menyampaikan arahan dan pesan-pesan moral dalam suasana kekeluargaan, serta membangkitkan spirit para pegawai untuk bekerja dengan baik.

“Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk di masa lalu, dont look back, pandanglah ke depan, bukakan hatimu untuk menatap ke depan dengan bekerja lebih baik, tulus dan ikhlas. Kalau kau bekerja dengan baik, bisa melayani orang dengan baik, maka aura positif akan datang kepadamu. Itu janji Allah,” ujar Hasan.

Kadis Hasan Sijaya yang pada pertemuan itu di dampingi Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Drs. H. Andi Ahmad saransi, M.Si, juga mengungkapkan bahwa dalam mengemban amanah sebagai pimpinan, ia lebih mengutamakan manajemen kekeluargaan.

“Tidak ada gunanya kita bekerja kalau ikatan emosional kita tidak bagus,” tegasnya

Pada pertemuan dengan staf ini, Hasan Sijaya juga menyerap berbagai informasi dan masukan terkait dengan tupoksi dari masing-masing bidang, serta informasi tentang berbagai permasalahan yang dihadapi, untuk menjadi bahan evaluasi dan perbaikan di masa yang akan datang.

Momen pertemuan inipun dimanfaatkan oleh staf untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi saat ini. Salah satu yang mengemuka adalah persoalan perpustakaan multi media yang tiba-tiba disingkirkan keberadaanya sejak Januari 2016 lalu, tanpa alasan yang jelas.
Padahal sebelumya, perpustakaan multimedia Sulsel ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Menurut Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan Perpustakaan Nilma, S.Sos, MM, dulunya perpustakaan multimedia ini adalah salah satu program unggulan yang menjadi kebanggaan Sulawesi Selatan, dan telah dikunjungi oleh hampir seluru provinsi di Indonesia.

“Sisa dua provinsi yang belum mengunjungi perpustakaan multimedia ini, Aceh dan Papua. yang lainnya semua sudah berkunjung, mereka belajar di sini, mereka salut dengan keberadaan perpustakaan multimedia ini, begitu juga dengan orang dari pusat,” jelasnya, sembari menegaskan sangat banyak manfaat dari perpustakaan multimedia ini.

Mendapatkan masukan seperti itu, Hasan Sijayapun bertekad untuk mewujudkan kembali perpustakaan multimedia ini, karena diapun memahami betapa pentingnya keberadaan perpustakaan multimedia di era informasi dan komunikasi yang begitu canggi saat ini. Persoalan ini secara khusus akan dibicarakan bersama dan dia berharap dukungan semua pihak agar perpustakaan multimedia ini dapat diwujudkan kembali keberadaannya. *(naz)

Editor : Puguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here