‘Dipersulit’ Ketua Prodi, Filtra Buka Mulut

0
477
views

Makassar, apakabarkampus.com- Kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Filtra Basri, belum menemui titik terang. Filtra terancam drop out karena ‘dipersulit’ ketua prodinya dalam proses penyelesaian studi.

Saat ditemui pihak apakabarkampus.com, Rabu (12/09) Filtra mengungkapkan kasus yang sedang dihadapinya adalah kasus yang tidak seharusnya dia terima, karena sudah sesuai prosedur.

“Saya mengikuti semua prosedur penyelesaian yang ada. Saya mulai konsultasi proposal penelitian sejak September 2017. Sampai pada batas akhir studi saya, saya langsung ditawari untuk pindah kampus karena tidak bisa selesai sebab waktu studi saya sudah habis,” kata Filtra.

    Filtra saat memperlihatkan kelengkapan berkas prnyelesaian studinya

Filtra menduga kasus ini adalah buntut dari aksi demonstrasi yang dilakukannya pada tahun 2016 terhadap kebijakan ketua Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNM yang saat itu dijabat oleh Siti Hajerah.

“Kalau soal demo, memang saya pernah lakukan tapi saya sudah sampaikan permohonan maaf dan beliau bilang supaya saya harus tunduk serta ikuti aturan yang beliau keluarkan. Beliau juga berikan kepastian bahwa saya bisa sarjana di UNM kalau nurut,” lanjut mahasiswa pendidikan akuntansi ini.

Kasus ini sangat disayangkan mengingat indeks prestasi komulatif (IPK) Filtra mencapai 3,58. Hal ini juga seharusnya mendapatkan toleransi karena beberapa kejanggalan, termasuk argumen yang menyatakan bahwa teori yang diangkat filtra tidak sesuai dengan judul pada detik-detik akhir masa studi.

Filtra mengaku rutin melakukan konsultasi proposal penelitian kepada pembimbingnya hingga 10 Agustus. Karena tidak menemui titik terang, Filtra merasa was-was dengan statusnya di kampus.

Berbagai upaya ditempuh Filtra agar bisa menyandang gelar sarjana. Termasuk menemui Dekan, PR I, hingga rektor. Namun, hasilnya masih belum jelas.

Filtra juga sudah meminta bantuan dari berbagai pihak, LBH Makassar, OMBUDSMAN, sampai pada gerakan solidaritas dari dalam maupun luar kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here