Ini Kesepakatan Ulama Tentang Siapa yang Pertama Menetapkan Perhitungan Tahun Hijriah

0
18
views

Apakabarkampus.com – Baru-baru ini ummat Islam dunia mengalami pergantian tahun, dari tahun 1439 menuju tahun 1440 hijriah.

Awal mula penetapan bilangan tahun hijriah ini, menurut kesepakatan ulama adalah sejak masa kepemimpinan Khalifah Umar ra.

“Ulama sepakat bahwa Umar lah yang pertama kali menentukan penetapan bilangan tahun qomariyah.” Ujar ustadz Irwan Fitri, saat mengisi Kajian Spesial di Markaz Imam Malik, jl. RSI Faisal 14 no. 14, Makassar. Rabu (12/9) malam.

Lebih lanjut, beliau memperingatkan kepada semua jamaah bahwa tidak ada yang namanya doa awal dan akhir tahun, yang biasa diamalkan oleh sebagian orang.

Beliau mengatakan bahwa penetapan hitungan tahun oleh khalifah Umar mengisyaratkan bahwa doa akhir tahun dan doa awal tahun tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah saw., sebab penetapan bilangan tahun baru dimulai sejak zaman kepemimpinan Umar. Berarti Rasulullah saw. tidak pernah mencontohkan.

Ada banyak sekali yang beredar di media sosial, yang mungkin diedarkan oleh orang-orang yang miskin ilmu, khususnya WA, yang menyatakan sebuah dalil bahwa ketika bulan ini, maka kita harus melakukan ini dan itu. Padahal dalil tersebut tidak ada dasarnya.

Kemudia, ustadz Irwan juga memotivasi semua jamaah agar bisa terus berusaha dan aktif bergerak untuk hal-hal yang positif.

“Bergeraklah, karna di setiap gerakan ada keberkahan.” Ungkapnya yang mengutip salah satu syair Arab.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here